Google Peringati "Kelahiran" Televisi Mekanik

Kompas.com - 26/01/2016, 10:20 WIB
Google doodle peringati demonstrasi TV mekanis pertama 90 tahun yang lalu. GoogleGoogle doodle peringati demonstrasi TV mekanis pertama 90 tahun yang lalu.
|
EditorOik Yusuf
KOMPAS.com - Google merayakan peringatan 90 tahun sejak demonstrasi pesawat televisi mekanis pertama kali dilakukan, dengan membuat doodle khusus di halaman utamanya. Jika diklik, mesin pencari Google akan menampilkan hasil pencarian "Siapakah penemu televisi".

Halaman Google hari ini, Selasa (26/1/2016) menampilkan logo Google yang dimodifikasi menyerupai bentuk televisi pertama yang didemonstrasikan saat itu, berikut foto penemunya.

Penemu televisi yang dimaksud adalah John Logie Baird. Pria berkebangsaan Irlandia ini membuat televisi mekanik yang cara kerjanya adalah memindai gambar dan menghasilkan sinyal video melalui cakram berputar yang berlubang, atau cermin yang berputar.

Penelusuran KompasTekno, metode pemindaian mekanis ini dipakai di sistem televisi pada dekade 1920 dan 1930-an, namun perlahan ditinggalkan karena dianggap tidak menghasilkan gambar berkualitas tinggi.

TVHistory.tv Televisi mekanis buatan baird.
Teknik tersebut kemudian tergantikan dengan teknologi pemindaian gambar secara elektronik, dimana elektron dipancarkan dalam tabung berkatoda untuk menghasilkan gambar.

Sementara Baird sebagai penemu sistem televisi mekanis, pada 2002 pernah dimasukkan dalam daftar 100 Orang Inggris Terhebat oleh BBC.

Di negaranya, nama Baird tercantum dalam Hall of Fame perpustakaan nasional Skotlandia dan pada 2015 dalam Scottish Engineering Hall of Fame.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Baird juga termasuk dalam daftar 10 ilmuwan Skotlandia terhebat sepanjang masa.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.