Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Google Peringati "Kelahiran" Televisi Mekanik

Kompas.com - 26/01/2016, 10:20 WIB
Reska K. Nistanto

Penulis

KOMPAS.com - Google merayakan peringatan 90 tahun sejak demonstrasi pesawat televisi mekanis pertama kali dilakukan, dengan membuat doodle khusus di halaman utamanya. Jika diklik, mesin pencari Google akan menampilkan hasil pencarian "Siapakah penemu televisi".

Halaman Google hari ini, Selasa (26/1/2016) menampilkan logo Google yang dimodifikasi menyerupai bentuk televisi pertama yang didemonstrasikan saat itu, berikut foto penemunya.

Penemu televisi yang dimaksud adalah John Logie Baird. Pria berkebangsaan Irlandia ini membuat televisi mekanik yang cara kerjanya adalah memindai gambar dan menghasilkan sinyal video melalui cakram berputar yang berlubang, atau cermin yang berputar.

Penelusuran KompasTekno, metode pemindaian mekanis ini dipakai di sistem televisi pada dekade 1920 dan 1930-an, namun perlahan ditinggalkan karena dianggap tidak menghasilkan gambar berkualitas tinggi.

TVHistory.tv Televisi mekanis buatan baird.
Teknik tersebut kemudian tergantikan dengan teknologi pemindaian gambar secara elektronik, dimana elektron dipancarkan dalam tabung berkatoda untuk menghasilkan gambar.

Sementara Baird sebagai penemu sistem televisi mekanis, pada 2002 pernah dimasukkan dalam daftar 100 Orang Inggris Terhebat oleh BBC.

Di negaranya, nama Baird tercantum dalam Hall of Fame perpustakaan nasional Skotlandia dan pada 2015 dalam Scottish Engineering Hall of Fame.

Baird juga termasuk dalam daftar 10 ilmuwan Skotlandia terhebat sepanjang masa.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com