Vibe P1 Turbo Belum Gunakan Pabrik di Indonesia

Kompas.com - 27/01/2016, 07:11 WIB
Penulis Oik Yusuf
|
EditorDeliusno
KOMPAS.com - Lenovo meluncurkan smartphone terbarunya, Vibe P1 Turbo, dalam sebuah acara di Jakarta, Selasa (26/1/2016). Kendati memiliki pabrik ponsel di kawasan Banten, pihak Lenovo mengaku ponsel tersebut sejauh ini masih harus diimpor.

“Pabrik kami di Indonesia baru memproduksi ponsel seri A2010 dan A6010, kami belum tahu untuk seri Vibe bisa dikut diproduksi atau tidak,” ujar Country Head Smartphone Division Lenovo Indonesia, Adrie R. Suhadi, kepada KompasTekno seusai acara peluncuran.

Adrie menerangkan pihaknya masih bisa mengimpor Lenovo Vibe P1 Turbo, meski belum memenuhi ketentuan pemerintah soal Tingkat Kandungan Dalam Negeri (TKDN).
 
Ini lantaran perangkat yang bersangkutan telah memperoleh sertifikasi dari Ditjen Postel sebelum pemberlakuan aturan tesebut.

“Untuk yang sudah dapat izin sebelum (pemberlakuan) TKDN masih bisa impor, tapi kalau setelah itu harus made in Indonesia,” ujarnya.

Pada Juli tahun lalu, peraturan TKDN yang telah disahkan oleh Kementerian Kominfo, Kementerian Perindustrian, dan Kementerian Perdagangan menetapkan bahwa subscriber station (ponsel) 4G di Indonesia harus memenuhi kandungan lokal 20 persen hingga akhir 2016.

Pada Januari 2017, ketentuan persentase kandungan lokal tersebut akan dinaikkan menjadi 30 persen.

“Untuk tingkat kandungan lokal ini kami akan tingkatkan terus. Targetnya pada 2016 kandungan lokal produk-produk Lenovo sudah 30 persen,” pungkas Adrie.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.