Kompas.com - 27/01/2016, 15:04 WIB
JAKARTA, KOMPAS.com - PT Telkom mengatakan sudah melaporkan pemblokiran Netflix kepada Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo). Rencananya pemblokiran dilakukan hingga layanan streaming tersebut memenuhi aturan di Indonesia.

"Sudah lapor ke beliau (Menkominfo Rudiantara)," ujar Direktur Utama PT Telekomunikasi Indonesia (Telkom) Alex Janangkih Sinaga dalam pesan singkatnya pada KompasTekno, Rabu (27/1/2016).

Pemblokiran tersebut, menurut Alex sudah sesuai dengan Undang-Undang No 33 tahun 2009 tentang perfilman. Di dalamnya antara lain diatur bahwa film yang beredar di Indonesia mesti sudah lulus sensor.

"Dalam rangka melindungi konsumen dari konten film yang belum disensor oleh lembaga yag berwenang, maka Telkom proaktif untuk memblokir Netflix," jelasnya.

"(Pemblokiran) sampai dengan Netflix memenuhi ketentuan UU 33 tahun 2009 dan ketentuan lain yang berlaku di Indonesia," pungkasnya.

Sekadar diketahui, Telkom memblokir Netflix mulai hari ini, Rabu (27/1/2016). Dengan demikian pelanggan IndiHome, WiFi.id, dan Telkomsel tidak akan bisa mengaksesnya.

Sementara itu di sisi lain, Menkominfo Rudiantara pernah mengatakan tidak akan memblokir layanan streaming video on demand tersebut.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Dia juga menyebutkan tenggat waktu selama sebulan dan meminta Netflix membuat Badan Usaha Tetap jika ingin beroperasi di Indonesia.

Selain itu, Rudiantara juga meminta mereka menyaring berbagai konten yang ditayangkan agar sesuai dengan regulasi yang berlaku.Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.