Kompas.com - 28/01/2016, 08:36 WIB
|
Editor Oik Yusuf
KOMPAS.com - Netflix mengeluarkan tanggapannya setelah operator telekomunikasi Telkom memblokir layanannya di Indonesia mulai Rabu (27/1/2016) kemarin.

Dikutip KompasTekno dari The Wall Street Journal, Rabu (27/1/2016), juru bicara Netflix mengatakan akan mencoba mematuhi Undang-Undang dan peraturan yang berlaku di Indonesia.

Namun, Netflix merasa tidak perlu untuk mengajukan izin penyiaran layaknya penyedia jasa layanan televisi kabel pada umumnya.

"Netflix itu jaringan televisi berbasis internet, bukan stasiun televisi pada umumnya," kata juru bicara Netflix yang enggan disebut namanya.

"Kami adalah penyedia layanan on-demand yang membuat orang bisa memilih ingin berlangganan atau tidak, serta memutuskan apa, kapan, dan dimana akan menonton," imbuhnya.

Seperti diberitakan sebelumnya, penyedia jasa internet (ISP) Telkom pada Rabu lalu resmi memblokir layanan Netflix untuk semua saluran pelanggannya, termasuk pengguna layanan ISP Indihome, WiFi.id, dan operator seluler Telkomsel.

Telkom beralasan Netflix tidak memiliki izin beroperasi dan tidak mengikutii aturan yang berlaku di Indonesia. Selain itu, Netflix dinilai memuat banyak konten yang tidak layak dikonsumsi publik.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Direktur Consumer PT Telekomunikasi Indonesia Tbk (Telkom) Dian Rachmawan mengajukan syarat untuk Netflix agar bisa beroperasi di Indonesia, yakni harus bekerja sama dengan operator telekomunikasi, seperti yang dilakukan Netflix di negara-negara lain.Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.