Samsung Luncurkan Trio Galaxy A Versi Baru

Kompas.com - 28/01/2016, 15:43 WIB
Ponsel Samsung Galaxy A7 versi 2016 Fatimah Kartini Bohang/ KOMPAS.comPonsel Samsung Galaxy A7 versi 2016
|
EditorOik Yusuf

JAKARTA, KOMPAS.com - Hari ini, Kamis (28/1/2016), Samsung memperkenalkan trio Galaxy A3, A5, dan A7 versi 2016. Ada tiga pembeda utama dari versi sebelumnya, yakni dari segi desain, kamera, dan kapasitas baterai.

Dari sisi desain, trio smartphone yang menyasar generasi millenial tersebut sudah berbalut metal plus Gorilla Glass.

Sebelumnya, trio Galaxy A hanya berlapiskan logam, sementara tambahan lapisan kaca GOrilla Glass hanya diperuntukkan untuk seri flagship Galaxy S.

Selanjutnya, dari sisi kamera, ketiganya sudah dilengkapi teknologi Optical Image Stabilization (OIS). Perekaman video dan pembidikan gambar diklaim bakal lebih stabil.

Untuk A3, sensor kamera ditingkatkan dari 8 megapiksel ke 13 megapiksel. Kualitas itu sudah setara dengan kamera pada A5 dan A7. Untuk kebutuhan selfie, ketiganya tetap mengusung kamera 5 megapiksel.

Bukaan lensa juga ditingkatkan menjadi f1.9. Dengan begitu, pengambilan gambar menggunakan Galaxy A pada kondisi minim cahaya (low-light) tak jadi masalah.

"Ini sesuai dengan gaya hidup Gen A (millenial) yang gemar mengambil gambar di berbagai situasi," kata Product Marketing Manager Samsung Electronics Indonesia, Irfan Rinaldi di sela-sela acara peluncuran, di Restoran Bluegrass, Jakarta.

Terakhir, dari sisi baterai, kapasitas ketiganya ditingkatkan. Baterai A3 yang tadinya 1.900 mAh kini menjadi 2.300 mAH. A5 yang tadinya 2.300 mAh menjadi 2.900 mAh, serta A7 yang tadinya 2.600 mAh menjadi 3.300 mAh.

Selain itu, teknologi pengecasan cepat (quick charging) yang tadinya hanya milik perangkat flagship kini juga disediakan pada lini Galaxy A. Meski, baru A5 dan A7 yang mendapatkan pembaruan tersebut.

Irfan mengklaim, dalam 110 menit, baterai A7 sudah bisa terisi penuh dari kondisi kosong. Sementara untuk A5, pengecasan cepat dari kosong hingga penuh membutuhkan waktu 105 menit.

Adapun fitur tambahan lainnya pada A5 dan A7 adalah ketersediaan pemindai sidik jari (fingerprint scanner). Lagi-lagi A3 "dianaktirikan" dengan tak turut memiliki fitur serupa.
Spesifikasi lainnya yang ditingkatkan adalah RAM dan prosesor. A3, A5, dan A7 masing-masing mengusung RAM 1,5GB, 2GB, dan 3GB.

Untuk prosesor, A3 menggunakan Exynos 7578 octa-core 1.5 GHz. Sementara A5 dan A7 sama-sama dipersenjatai Exynos 7580 octa-core 1.6 GHz.

Ketiganya tersedia pada Februari mendatang. Tanggal pastinya belum dibeberkan lebih detil. Dengan ini, Galaxy A3, A5, dan A7 keluaran 2015 akan diberhentikan peredarannya.



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X