Windows Phone Tertatih-tatih , Penjualan Turun 57 Persen

Kompas.com - 29/01/2016, 14:36 WIB
Situs panduan Windows Phone yang dibuat oleh Microsoft MicrosoftSitus panduan Windows Phone yang dibuat oleh Microsoft
|
EditorReza Wahyudi
KOMPAS.com - Windows Phone sempat jadi salah satu sistem operasi menjanjikan, selain Android dan iOS. Tapi kini mereka mulai tertatih-tatih, dengan angka penjualan yang mengecil.

Sejak pertama kali meluncur, sekitar lima tahun lalu, Microsoft memosisikan Windows Phone sebagai ekosistem mobile alternatif ketiga.

Namun seiring waktu berjalan, vendor yang mengadopsi sistem operasi itu di gadget-nya makin sedikit. Usaha Microsoft untuk membuat gadget sendiri pun tampaknya tak cukup berarti.

Hingga pada laporan terbaru kuartal ini, sebagaimana dilansir KompasTekno dari The Verge, Jumat (29/1/2016), terungkap bahwa raksasa software itu hanya berhasil menjual 4,5 juta ponsel Lumia.

Angka tersebut mengindikasikan penurunan tajam sebesar 57 persen, bila dibandingkan dengan penjualan sejumlah 10,5 juta unit di kuartal yang sama tahun lalu (year on year).

Selama ini, Microsoft dengan Nokia hanya berhasil menjual total 110 juta unit Windows Phone. Jumlah tersebut tergolong kecil kalau disejajarkan dengan 4,5 miliar total jumlah gadget bersistem operasi iOS dan Android dalam periode yang sama.

Lembaga riset pasar IDC baru-baru ini melaporkan bahwa di seluruh dunia ada 400 juta ponsel yang terjual khusus kuartal saat ini. Artinya penjualan Windows Phone sebesar 4,5 juta unit hanya terhitung 1,1 persen dari penjualan ponsel di seluruh dunia dalam satu kuartal.

Microsoft memang telah berusaha dengan meluncurkan Lumia 950 dan 950 XL beberapa waktu lalu. Sayangnya kedua ponsel itu gagal merangsang minat pasar.

Ada rumor yang menyebutkan saat ini mereka sedang menyiapkan Surface Phone. Tapi gadget itu belum muncul di pasar dan masih misterius.

Dengan adanya penurunan seperti ini, mereka berencana untuk berhenti memproduksi gadget dalam jumlah besar. Mungkin mereka masih akan memproduksi dalam jumlah kecil, tapi dengan keadaan dan pangsa pasar yang kurang dari 2 persen, Windows Phone bisa saja dikatakan sudah mulai mati.Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Sumber The Verge
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.