Tiap Hari, 100 Juta Jam Video Ditonton di Facebook

Kompas.com - 29/01/2016, 20:03 WIB
Logo baru Facebook The Next WebLogo baru Facebook
|
EditorReza Wahyudi
KOMPAS.com — Setiap hari, 100 juta jam video ditonton lewat Facebook. Hal tersebut tertera pada laporan Facebook untuk kuartal keempat 2015.

Pencapaian itu tak lepas dari berbagai upaya kemudahan yang ditawarkan kepada pengguna saat menjajal konten video di Facebook. Salah satunya melalui kemampuan pemutaran video otomatis pada linimasa pengguna tanpa menekan tombol "play" terlebih dahulu.

Ada juga kemampuan lain, seperti video 360 dan pop-up player, yang dinilai turut mendongkrak minat netizen menonton video di Facebook.

Video 360 memungkinkan pengguna menonton sebuah tayangan dari berbagai angle. Sementara itu, pop-up player memungkinkan pengguna menonton sebuah video sambil menggulir linimasa.

Kedua kemampuan itu sudah lebih dulu terakomodasi di YouTube.

Menurut CEO Facebook Mark Zuckerberg, saat ini Facebook juga sedang menciptakan saluran video yang mapan serupa YouTube, seperti dilaporkan Techcrunch dan dihimpun KompasTekno, Jumat (29/1/2015).

Tampaknya, YouTube perlu menyiapkan strategi khusus menghadapi pertumbuhan fitur video Facebook. Pasalnya, angka 100 juta jam video per hari makin mendekati penetrasi video YouTube.

Saat ini, menurut situs resmi YouTube, netizen menonton ratusan juta jam video di platform-nya. Angka pastinya tidak dibeberkan.

Selain video, layanan-layanan dalam Facebook lainnya juga tumbuh agresif. Saat ini, ada satu miliar pengguna bulanan pada Facebook Groups. Angka itu meningkat dari jumlah 925 juta netizen pada kuartal sebelumnya.

Techcrunch Update jumlah penetrasi fitur-fitur Facebook



Sumber TechCrunch

Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X