Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Baterai iPhone 7 Bisa Di-"charge" dari Jarak Jauh?

Kompas.com - 31/01/2016, 11:58 WIB
Fatimah Kartini Bohang

Penulis

KOMPAS.com — Apple disinyalir bakal mengikuti jejak Samsung dengan menghadirkan teknologi wireless charging di perangkat ponselnya. Teknologi itu bakal menjadi yang pertama terpasang di iPhone 7.

Kendati demikian, Apple tak ingin serta-merta jadi pengikut. Dilansir KompasTekno, Jumat (28/1/2015) dari PhoneArena, kemampuan isi ulang baterai tanpa kabel ala Apple dikatakan bakal lebih canggih.

Ponsel bisa mengisi ulang daya baterai dari jarak jauh tanpa harus dibaringkan di atas alat wireless charger seperti mekanisme yang lumrah. Kemampuan itu sebelumnya dianggap hampir tak mungkin.

Untuk mewujudkannya, Apple dikatakan telah bekerja sama dengan pengembang teknologi wireless charging asal Asia. Identitas detailnya belum diungkap.

Menilik ke belakang, pada 2012 silam, Apple pernah mendaftarkan paten teknologi near-field magnetic resonance (NFMR). Teknologi itu bisa dimanfaatkan untuk mengisi ulang daya ponsel sejauh kira-kira satu meter dari docking-nya.

Paten itu tampak bersinggungan dengan rumor yang beredar. Walaupun begitu, Apple belum mengonfirmasi isu tersebut.

Benar atau tidaknya kabar yang beredar ini baru bisa dipastikan bersamaan dengan peluncuran flagship iPhone berikutnya, yakni iPhone 7, pada September mendatang.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com