Kompas.com - 01/02/2016, 12:51 WIB
Browser Samsung Internet kini menyediakan kemampuan pemblokir iklan The Next WebBrowser Samsung Internet kini menyediakan kemampuan pemblokir iklan
|
EditorOik Yusuf

KOMPAS.com - Lewat sebuah pembaruan, peramban internet default pada gadget mobile Samsung kini menyediakan fitur pemblokir iklan (adblock). Update itu bersifat over-the-air atau otomatis tersedia.

Hanya saja, untuk saat ini baru smartphone dan tablet Samsung bersistem operasi Android Lollipop (versi 5.1) ke atas yang bisa menjajal fitur itu.

Dilansir KompasTekno, Senin (1/2/2016) dari TheNextWeb, mekanisme adblock pada browser Samsung mirip dengan adblock pada peramban Apple Safari iOS 9 yang lebih dulu ada.

Pengguna cukup memasang aplikasi adblock yang tersedia pada opsi "plugins". Setelahnya, semua situs yang dikunjungi akan bersih dari iklan.

Dengan begitu, loading situs dikatakan bisa lebih cepat hingga 51 persen. Penggunaan data internet pun dapat dikurangi.

Aplikasi adblock pertama yang tersedia di Samsung Internet adalah "Adblock Fast". Layanan itu juga tersedia pada iOS, Chrome, dan Opera.

Adblock Fast adalah aplikasi gratis dan sifatnya terbuka (open source). Saat ini, aplikasi tersebut sudah digunakan lebih dari 200 ribu netizen dari berbagai platform.

Diketahui, pengguna non-Samsung juga bisa mengunduh browser Samsung Internet untuk mendapatkan manfaat adblock. Syaratnya, ponsel yang dipakai bersistem operasi Android Lollipop ke atas. Silakan buka tautan ini untuk mengunduh.

Dalam beberapa bulan ke depan, kemampuan adblock Samsung Internet juga bakal diekspansi ke perangkat-perangkat Android lawas.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.