Android Kitkat Bisa Dibajak Lewat "Bug" Mediatek

Kompas.com - 01/02/2016, 13:33 WIB
Maskot Android KitKat Dokumentasi Sundar Pichai, kepala produk Android dan Chrome, via Google Maskot Android KitKat
|
EditorOik Yusuf
KOMPAS.com -Lubang keamanan ditemukan dalam software pembuat chipset MediaTek yang berjalan di Android 4.4 KitKat.

Lubang keamanan alias bug itu bisa dimanfaatkan peretas untuk mendapatkan akses root perangkat Android, membajak ponsel, dan memata-matai komunikasi pengguna.

Dikutip KompasTekno dari Android Authority, Senin (1/2/2016), MediaTek mengetahui adanya celah keamanan dalam software miliknya itu, dan mengatakan sedang berusaha memperbaikinya.

Menurut pernyataan MediaTek, bug muncul karena pabrikan ponsel tidak mengikuti instruksi yang diberikan oleh perusahaan, yaitu mematikan fitur debug sebelum mengirim smartphone ke pasar.

Bug tersebut pertama kali ditemukan oleh peneliti Justin Case awal bulan Januari lalu, dan kini telah dikonfirmasi oleh MediaTek.

Sayangnya, MediaTek tidak menyebutkan pabrikan mana yang melanggar protokol yang telah ditetapkan MediaTek, sehingga pengguna tidak tahu ponsel Android mana yang rawan terhadap ancaman ini.

Walau banyak ponsel Andorid yang menjalankan sistem operasi Android 4.4 KitKat di pasaran, MediaTek menolak untuk mengungkap berapa jumlah ponsel yang terkena imbas bug itu.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email



Rekomendasi untuk anda
25th

Ada hadiah uang elektronik senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X