Kompas.com - 02/02/2016, 12:52 WIB
Paten headset VR yang diajukan Apple beberapa waktu silam CNBCPaten headset VR yang diajukan Apple beberapa waktu silam
|
EditorReza Wahyudi
KOMPAS.com - Apple dikabarkan sudah mulai memproduksi sebuah prototype atau purwarupa headset virtual reality (VR). Gadget tersebut diprediksi bakal jadi senjata baru mereka seiring menurunnya minat terhadap iPhone dan perangkat genggam lainnya.

Dalam laporan keuangan terbarunya, raksasa teknologi itu memang menunjukkan bahwa penjualan iPhone hanya meningkat sekitar 1 persen year on year. Sedangkan di kuartal mendatang diprediksi turun.

Sebagaimana dilansir KompasTekno dari Phone Arena, Senin (1/2/2016), mereka pun mesti mencari cara untuk kembali meningkatkan gairah pasar, salah satunya dengan memanfaatkan headset VR.

Apple pun tampaknya sudah lama menyiapkan diri untuk masuk ke industri VR, tepatnya sejak 2013 lalu ketika mereka mengajukan paten headset dengan teknologi tersebut.

Desas-desus yang kemudian beredar adalah mereka membentuk tim khusus yang terdiri dari ahli di bidang VR sekaligus augmented reality (AR). Anggotanya antara lain berupa orang-orang dari perusahaan yang telah mereka beli, termasuk juga beberapa dari Microsoft serta Lytro.

Indikasi lain yang membumbui prediksi ini adalah langkah mereka mempekerjakan penelisi VR Doug Bowman. Pria ini diketahui sedang mempelajari antarmuka khusus VR sekaligus pernah menjabat sebagai Director of the Center for Human-Computer Interaction di Virginia Tech.

Selain itu, Apple baru saja membeli perusahaan Flyby Media yang membuat smartphone bisa memindai barang dari dunia nyata dan menyimpannya sebagai koleksi virtual.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Pada sebuah conference call, Selasa pekan lalu, CEO Apple Tim Cook juga sempat menyebutkan ketertarikannya pada headset VR. Bila rencana pembuatan headset itu benar, maka kita masih harus bersabar menunggunya muncul.Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.