Berhenti Langganan IndiHome, Telepon Rumah Juga Dicabut?

Kompas.com - 02/02/2016, 16:09 WIB
Indihome solusi layanan digital home berbasis internet on fiber Doc. Telkom IndonesiaIndihome solusi layanan digital home berbasis internet on fiber
|
EditorReza Wahyudi
KOMPAS.com — Layanan Indihome Telkom kini seolah menjadi bumerang bagi pengguna yang ingin berhenti berlangganan. Pasalnya, jika ingin berhenti layanan internetnya, maka semua produk Telkom yang ada akan dicabut, termasuk telepon rumah.

Keluhan ini mulai muncul setelah pelanggan Indihome ingin berhenti berlangganan paket internet, menyusul pemblokiran Netflix dan penerapan kebijakan FUP atau (fair usage policy) yang dikeluarkan Telkom baru-baru ini.

"Berhenti langganan Telkom Indonesia Indihome = Berhenti internet, berhenti tv, dan.. Cabut line telepon, dan no telepon 20 tahun lebih hangus gitu aja.." tulis Ridwan Fariz di jejaring sosial Facebook pada Senin (1/2/2016) malam.

Dengan demikian, jika ingin berhenti berlangganan internet, maka pelanggan Telkom Indihome dipaksa untuk melepas layanan lain, seperti TV kabel dan sambungan telepon.

Padahal, telepon rumah masih dibutuhkan oleh pelanggan, dan nomor telepon itu telah dimiliki selama puluhan tahun. Tak hanya pelanggan rumahan, pelanggan perkantoran pun juga mengalami hal yang sama.

Kepada KompasTekno, Fariz menjelaskan, ia telah menghubungi Telkom di nomor 147. Customer service mengatakan, jika pelanggan ingin berhenti berlangganan Indihome, maka semua layanan Telkom akan dicabut, berikut pengambilan barang yang dipinjamkan.

"Yang parah adalah nomor telepon juga akan dinonaktifkan dengan alasan semua sudah terintegrasi," kata Ridwan kepada KompasTekno melalui pesan WhatsApp, Selasa (2/2/2016) pagi.

Bumerang Triple Play

Blunder Telkom ini muncul akibat paket Triple Play yang ditawarkan Telkom. Triple Play adalah paket yang memberikan koneksi internet, TV kabel, dan sambungan telepon menjadi satu.

Seperti diketahui, Telkom telah memigrasikan jaringan teleponnya dari kabel telepon pada umumnya ke jaringan kabel fiber optic sepanjang 2015 lalu.

Kabel fiber itu juga yang dipakai untuk menyalurkan layanan internet dan TV kabel.

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X