Kompas.com - 03/02/2016, 12:41 WIB
|
EditorReza Wahyudi
BITUNG, KOMPAS.com - Indosat Ooredoo resmi memperkenalkan layanan keuangan mobile terbarunya di Bitung, Sulawesi Utara, Rabu (3/2/2016).

Layanan itu akan mencakup empat hal yang bisa dilakukan pelanggan lewat ponsel: tabungan, asuransi, pinjaman/pembiayaan dan investasi.

Masing-masing layanan itu nantinya akan disediakan oleh mitra. Sedangkan Indosat berperan sebagai penyedia sistem dan  teknologi.

Empat fitur itu lengkapnya adalah Tabungan Mikro dimulai dari sepuluh ribu rupiah sampai dua puluh juta rupiah, Pinjaman Mikro dimulai dari dua juta seratus ribu rupiah, Asuransi Mikro mulai dari sepuluh ribu rupiah, dan Investasi Mikro mulai dari seratus ribu rupiah.

Wicak Hidayat/KOMPAS.com Randy Pangalila (tengah, memegang gadget) sedang mendemokan "Dompetku Nusantara" di area Balai Pelelangan Ikan, Bitung, Sulawesi Utara

Menurut Randy Pangalila, Group Head Mobile Financial Services (MFS) Indosat Ooredoo, dua fitur akan bisa langsung dimanfaatkan, yaitu asuransi dan pinjaman.

Sedangkan untuk tabungan akan menunggu rekanan Indosat, yakni Bank Sulutgo, mendapat izin branchless banking dari Otoritas Jasa Keuangan.

Demikian pula fitur investasi dinyatakan sebagai fitur lanjutan yang akan datang kemudian.

"Dompetku Nusantara" saat ini baru bisa dinikmati di wilayah Sulawesi Utara. Wilayah lain akan menunggu kesiapan rekanan setempat.

Diharapkan layanan ini nantinya bisa berkontribusi pada upaya meningkatkan literasi dan akses layanan keuangan di Indonesia.

Menurut data OJK, diperkirakan masih sekitar 78- 80 persen penduduk Indonesia yang tidak memiliki akses ke layanan keuangan.

Wicak Hidayat/KOMPAS.com Sebuah warung di lokasi Balai Pelelangan Ikan, Bitung, Sulawesi Utara, yang menjadi agen untuk layanan "Dompetku Nusantara".
Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.