Begini Cara Cek Kuota Internet Telkom IndiHome

Kompas.com - 04/02/2016, 16:31 WIB
- -
|
EditorReza Wahyudi
KOMPAS.com - PT Telekomunikasi Indonesia (Telkom) telah memberlakukan kebijakan pembatasan kuota internet atau FUP (fair usage policy) layanan IndiHome.

Kebijakan baru ini menimbulkan pertanyaan di tengah penggunanya, bagaimana cara mengecek kuota Indihome?

Seperti diketahui, FUP Telkomsel akan berlaku jika pengguna telah melewati batas kuota 300 GB per bulan. Jika batas itu dilewati, maka kecepatan akan diturunkan. Ini berlaku untuk pelanggan kecepatan 10 Mbps ke atas.

Jika melewati batas 300 GB, pelanggan akan tetap dapat dengan kecepatan 7,5 Mbps. Untuk pemakaian lebih dari 400 GB kecepatan akan dikurangi lagi menjadi 40 persennya. Selanjutnya, kecepatan tidak akan pernah turun lagi seterusnya (unlimited).

Untuk memantau penggunaan kuota internet, pengguna bisa mengeceknya melalui situs http://www.indihome.co.id.

Kemudian, masuk ke menu “Usage Info” yang tersedia di situs tersebut. Sebagai langkah verifikasi, maka sebelum dapat melihat informasi tersebut, pelanggan akan diminta memasukkan informasi nomor telepon rumah dan IndiHome, e-mail dan nomor ponsel.

Telkom Menu Usage Info Indihome (lingkaran hitam).
Informasi volume pemakaian akses Internet yang ditampilkan adalah periode pemakaian pada bulan berjalan, mulai dari tanggal 1 sampai dengan tanggal saat pengecekan.

Tetapi tentu saja volume pemakaian tersebut tidak termasuk volume pemakaian data dari penggunaan UseeTV.

"FUP hanya diberlakukan untuk layanan internet sehingga penggunaan UseeTV dibebaskan dari FUP," kata VP Consumer Marketing and Sales Telkom Jemy Confido dalam keterangan tertulis yang diterima KompasTekno, Kamis (4/2/2016).

Menurut Telkom, tools untuk memonitor penggunaan internet ini sudah disiapkan dan diujicobakan, untuk memudahkan pelanggan mengetahui pemakaian Internet mereka.

Saat ini tools tersebut bisa digunakan oleh pelanggan dengan mudah melalui situs Indihome.

Telkom mengklaim hasil pengecekan ratusan pelanggan menunjukkan penggunaan internet periode 1 - 4 Februari berkisar kurang dari 10 GB. Penasaran? Silahkan dicoba.

Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X