Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sony Perkenalkan A6300, "Mirrorless" Fokus Tercepat

Kompas.com - 04/02/2016, 20:48 WIB
Oik Yusuf

Penulis

Sumber PetaPixel

KOMPAS.com - Lama dinanti, Sony akhirnya memperkenalkan kamera mirrorless A6300 yang merupakan penerus dari model sebelumnya, A6000.

Salah satu fitur unggulan yang ditonjolkan Sony dari kamera ini adalah sistem autofokus baru yang diklaim merupakan yang tercepat di dunia untuk kelas mirrorless dengan sensor APS-C.

Waktu yang dibutuhkan A6300 untuk mengunci fokus, menurut Sony, hanya 0,05 detik atau sedikit lebih cepat dari pendahulunya yang mencatat 0,06 detik.

Sebagaimana dirangkum KompasTekno dari PetaPixel, Kamis (4/2/2016), sistem autofokus pada A6300 dilengkapi dengan 425 tiiik AF phase-detect yang meliputi hampir seluruh area frame.

Ratusan titik fokus tersebut bakal membantu pengguna saat melacak subyek foto yang bergerak (tracking) dengan kecepatan tinggi.

Sony Sistem AF Sony a6300 dibekali 425 titik phase-detect untuk melacak pergerakan obyek di dalam frame

Pasangan sensor dan chip pengolah gambar yang digunakan sekilas terlihat sama dengan model terdahulu, dengan resolusi 24 megapiksel dan prosesor Bionz X.

Tapi pihak Sony menambahkan bahwa sensor pada A6300 menggunakan konstruksi baru yang memaksimalkan daya tangkap cahaya dan kecepatan pembacaan data.

Sony turut menyematkan kemampuan merekam video 4K, input mikrofon, electronic view finder tipe XGA OLED dengan resolusi 2,4 megapiksel, juga layar tilting LCD 3 inci yang sayangnya belum mendukung touch input.

Bentuk fisik A6300 sendiri relatif tak berubah dibandingkan A6000.

Sedikit modifikasi yang kasat mata mencakup penambahan switch AF/ MF dan Exposure Lock, penambahan custom mode di exposure dial, dan finishing bodi yang kini tak lagi licin, melainkan diimbuhi tekstur spatter paint seperti pada kamera mirrorless Sony seri A7.

Sony A6300 rencananya akan mulai memasuki pasaran pada Maret mendatang dengan banderol 1.000 dollar AS (Rp 13,7 juta) untuk versi body only dan 1.150 dollar AS (Rp 15,7 juta) untuk kit dengan lensa 16-50mm f/ 3.5-5.6.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber PetaPixel
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com