Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Microsoft Akuisisi Swiftkey Supaya Cortana Makin Pintar

Kompas.com - 05/02/2016, 10:53 WIB
Yoga Hastyadi Widiartanto

Penulis

Sumber Recode
KOMPAS.com - Microsoft baru saja mengumumkan akuisisi sebuah perusahaan pembuat aplikasi keyboard SwiftKey. Apa sebenarnya tujuan akuisisi tersebut?

Raksasa software itu sebenanya memiliki aplikasi serupa, yaitu WordFlow. Namun mereka tetap saja merogoh kocek hingga 250 juta dollar AS atau Rp 3,4 triliun demi mengakuisisi SwiftKey.

Ternyata, akuisisi tersebut berkaitan dengan teknologi artificial intelligence atau kecerdasan buatan di balik aplikasi keyboard SwiftKey.

Seperti dilansir KompasTekno dari Recode, Kamis (4/2/2016), Microsoft memang memiliki rencana untuk mengembangkan kecerdasan asisten digitalnya, Cortana. Akuisisi atas SwiftKey berpotensi membantu prosesnya.

Aplikasi keyboard yang satu ini memang dirancang sebagai alat yang bisa mengenali pola bahasa pengguna. Pola yang tercatat digunakan sebagai bahan untuk memprediksi kata yang akan digunakan saat mengetik.

Semakin sering digunakan, maka SwiftKey akan semakin memahami penggunanya, apa yang ingin diketik, dan susunan katanya.

Selain soal kecerdasan buatan, akuisisi SwiftKey juga memperkuat posisi Microsoft dalam industri aplikasi mobile, terutama yang bisa dipakai di berbagai OS. Bebepara waktu sebelumnya pun raksasa software ini sudah mengakuisisi dua aplikasi lain, yaitu Acompli dan Sunrise.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Recode

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com