Microsoft Akuisisi Swiftkey Supaya Cortana Makin Pintar

Kompas.com - 05/02/2016, 10:53 WIB
Ilustrasi aplikasi keyboard SwiftKey pada smartphone Samsung androidcommunity.comIlustrasi aplikasi keyboard SwiftKey pada smartphone Samsung
|
EditorOik Yusuf
KOMPAS.com - Microsoft baru saja mengumumkan akuisisi sebuah perusahaan pembuat aplikasi keyboard SwiftKey. Apa sebenarnya tujuan akuisisi tersebut?

Raksasa software itu sebenanya memiliki aplikasi serupa, yaitu WordFlow. Namun mereka tetap saja merogoh kocek hingga 250 juta dollar AS atau Rp 3,4 triliun demi mengakuisisi SwiftKey.

Ternyata, akuisisi tersebut berkaitan dengan teknologi artificial intelligence atau kecerdasan buatan di balik aplikasi keyboard SwiftKey.

Seperti dilansir KompasTekno dari Recode, Kamis (4/2/2016), Microsoft memang memiliki rencana untuk mengembangkan kecerdasan asisten digitalnya, Cortana. Akuisisi atas SwiftKey berpotensi membantu prosesnya.

Aplikasi keyboard yang satu ini memang dirancang sebagai alat yang bisa mengenali pola bahasa pengguna. Pola yang tercatat digunakan sebagai bahan untuk memprediksi kata yang akan digunakan saat mengetik.

Semakin sering digunakan, maka SwiftKey akan semakin memahami penggunanya, apa yang ingin diketik, dan susunan katanya.

Selain soal kecerdasan buatan, akuisisi SwiftKey juga memperkuat posisi Microsoft dalam industri aplikasi mobile, terutama yang bisa dipakai di berbagai OS. Bebepara waktu sebelumnya pun raksasa software ini sudah mengakuisisi dua aplikasi lain, yaitu Acompli dan Sunrise.



Sumber Recode

Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X