Kisah Sukses Toko Bunga Semarang Manfaatkan Fitur Google

Kompas.com - 06/02/2016, 16:24 WIB
Pasangan suami-istri pendiri Meme Florist, Hero Wijayadi dan Mariani Oik Yusuf/ KOMPAS.comPasangan suami-istri pendiri Meme Florist, Hero Wijayadi dan Mariani
Penulis Oik Yusuf
|
EditorReza Wahyudi

SEMARANG, KOMPAS.com - Banyak usaha kecil-menengah yang berhasil memajukan bisnis lewat pemanfaatan jaringan internet, tak terkecuali juga toko bunga alias florist yang banyak bertebaran di kota-kota di seluruh Indonesia.

Pesanan kini tak hanya datang dari daerah asal domisili, melainkan bisa pula melayani pelanggan yang memasukan order dari daerah lain.

Salah satu pihak yang memfasilitasi hal ini adalah Meme Florist yang didirikan oleh pasangan suami istri Hero Wijayadi dan Mariani.

Berbasis di kota Semarang, Jawa Tengah, Meme Florist sanggup menanggapi pesanan bunga di lebih dari 30 kota, termasuk di luar pulau Jawa.

"Kami bermitra dengan para pemilik usaha florist lokal di masing-masing kota, untuk membantu usaha mereka yang mungkin masih kurang aware dengan teknologi," papar Hero yang sekaligus menjabat sebagai Head of Marketing Meme Florist, saat dijumpai KompasTekno di kantornya di Mataram Plaza, Semarang, Jawa Tengan Selasa (2/2/2016).

Toko bunga yang namanya diambil dari panggilan Mariani ini menerima pesanan secara online melalui situs MemeFlorist.com. Pelanggan bisa menentukan jenis rangkaian bunga yang diinginkan (bucket, bunga papan, dan lain-lain) kota tujuan dari daftar yang tersedia di website.

Selanjutnya, Meme Florist akan meneruskan order ke florist yang menjadi rekanan di wilayah bersangkutan. Pesanan untuk kota Denpasar akan diproses oleh florist yang berdomisili di Denpasar. misalmya. Demikian juga dengan kota-kota lainnya.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

“Kami distribusikan order sesuai dengan spesialisasi florist. Kalau ada pelanggan yang memesan untuk parcel, kami akan teruskan ke floris spesialis parsel, begitu pula untuk jenis lain,” ujar Hero.

Tak hanya pesanan “besar” seperti bunga papan, Meme Florist dan para rekanannya pun menerima order yang lebih kecil semisal pengiriman bucket bunga.

Menurut istri Hero, Mariani, yang bekerja sebagai Head of Operations di Meme Florist, pesanan-pesanan kecil macam ini biasanya akan meningkat mendekati hari Valentine tanggal 14 Februari nanti, di mana banyak pelanggan ingin mengirim bunga untuk kekasih yang berada di kota lain.

“Tiap hari kami bisa mendapat order hingga 20-an, sewaktu ada event jumlahnya bakal meningkat hingga mencapai 50-an,” tutur Mariani.

Bukan florist

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Ada hadiah uang elektronik senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X