Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Gelar "Juara Dunia" 4G LTE Dipegang Singapura

Kompas.com - 07/02/2016, 11:24 WIB
Reska K. Nistanto

Penulis

Sumber OpenSignal
KOMPAS.com - OpenSignal, lembaga riset operator mobile di seluruh dunia, membuat survei kecepatan dan jangkauan koneksi internet 4G LTE di berbagai negara. Hasilnya, Singapura menjadi negara dengan kecepatan 4G LTE tertinggi.

Negara semenanjung itu menurut survei OpenSignal, seperti dikutip KompasTekno dari situs resminya, Minggu (7/2/2016), memiliki kecepatan download rata-rata 37 Mbps.

Dua operator seluler Singapura, SingTel dan StarHub menjadi penguasa layanan 4G LTE di negara itu. Sementara operator lain, M1 berada di posisi ketiga.

SingTel memiliki kecepatan download hingga 40 Mbps, dengan jangakuan jaringan 4G hingga 86 persen. Pesaingnya, StarHub memiliki kecepatan download puncak 39 Mbps dengan jangkauan 79 persen.

Sementara operator M1 memiliki kecepatan download hingga 29 Mbps dengan jangkauan jaringan 4G mencapai 89 persen.

OpenSignal mencatat, setahun yang lalu, kecepatan 20 Mbps sudah terlihat memuaskan. Namun di tahun ini, sudah ada 15 negara dan 52 operator yang memberikan kecepatan download lebih dari 20 Mbps.

Indonesia belum masuk ke dalam survei OpenSignal, kemungkinan karena proses refarming jaringan 4G LTE di Indonesia yang baru selesai pada akhir tahun 2015 lalu.

OpenSignal mengoleksi data dari jutaan smartphone yang memasang aplikasinya. Untuk survei ini, OpenSignal mengambil data dari ratusan ribu pengguna aplikasinya yang memiliki ponsel 4G LTE dan terhubung dengan koneksi 4G LTE operator.

Data dikumpulkan dalam periode Oktober hingga Desember 2015.

Untuk melihat peringkat kecepatan jaringan 4G LTE di beberapa negara, kunjungi situs OpenSignal di tautan berikut ini.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber OpenSignal

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com