Google Chrome Hindarkan Tipuan Berkedok Tombol "Download"

Kompas.com - 07/02/2016, 13:01 WIB
Google hindarkan pengguna dari tipuan tombol MashableGoogle hindarkan pengguna dari tipuan tombol "download"
|
EditorReza Wahyudi

KOMPAS.com - Salah satu hal paling menyebalkan saat hendak mengunduh aplikasi gratis adalah kemunculan beberapa tautan bertuliskan "download" pada satu laman sekaligus. Pengguna dibuat bingung harus menekan tautan yang mana.

Pasalnya, hanya satu tautan pengunduhan yang asli. Lainnya merupakan tipu muslihat yang bakal membawa virus tak diundang ke komputer.

Google berusaha menumpas penipuan tersebut. Dilansir KompasTekno, Minggu (7/2/2016) dari Mashable, Google memperbarui browser Chrome dengan penambahan fitur khusus.

Fitur itu akan mewanti-wanti pengguna saat ingin masuk ke situs-situs yang menggunakan praktik penipuan tautan bertuliskan "download".

Untuk mengaktifkan fitur tersebut, pengguna cukup menekan menu tiga garis pada sisi kanan atas layar Chrome. Lalu pilih "Settings", "Advance", hingga ke "Privacy".

Ada beberapa kolom yang tercentang dan tak tercentang pada opsi "Privacy". Pengguna hanya perlu mencentang kotak dengan kalimat "protect you and your device from dangerous sites".

Setelah aktif, Chrome akan selalu memperingati pengguna saat akan membuka situs dengan tombol "download" palsu.

Peringatan itu kurang lebih berbunyi imbauan untuk menghindari situs tersebut. Lebih lanjut, peringatan akan menjelaskan bahwa situs yang hendak dikunjungi berisiko mengelabui pengguna dengan trik "jahat". Selamat mencoba!



Sumber Mashable

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X