Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Google Chrome Hindarkan Tipuan Berkedok Tombol "Download"

Kompas.com - 07/02/2016, 13:01 WIB
Fatimah Kartini Bohang

Penulis

Sumber Mashable

KOMPAS.com - Salah satu hal paling menyebalkan saat hendak mengunduh aplikasi gratis adalah kemunculan beberapa tautan bertuliskan "download" pada satu laman sekaligus. Pengguna dibuat bingung harus menekan tautan yang mana.

Pasalnya, hanya satu tautan pengunduhan yang asli. Lainnya merupakan tipu muslihat yang bakal membawa virus tak diundang ke komputer.

Google berusaha menumpas penipuan tersebut. Dilansir KompasTekno, Minggu (7/2/2016) dari Mashable, Google memperbarui browser Chrome dengan penambahan fitur khusus.

Fitur itu akan mewanti-wanti pengguna saat ingin masuk ke situs-situs yang menggunakan praktik penipuan tautan bertuliskan "download".

Untuk mengaktifkan fitur tersebut, pengguna cukup menekan menu tiga garis pada sisi kanan atas layar Chrome. Lalu pilih "Settings", "Advance", hingga ke "Privacy".

Ada beberapa kolom yang tercentang dan tak tercentang pada opsi "Privacy". Pengguna hanya perlu mencentang kotak dengan kalimat "protect you and your device from dangerous sites".

Setelah aktif, Chrome akan selalu memperingati pengguna saat akan membuka situs dengan tombol "download" palsu.

Peringatan itu kurang lebih berbunyi imbauan untuk menghindari situs tersebut. Lebih lanjut, peringatan akan menjelaskan bahwa situs yang hendak dikunjungi berisiko mengelabui pengguna dengan trik "jahat". Selamat mencoba!

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Mashable

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com