Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tahun Baru Imlek, Google Jadi Monyet Api

Kompas.com - 08/02/2016, 08:59 WIB
Fatimah Kartini Bohang

Penulis

KOMPAS.com - Google turut merayakan Tahun Baru China atau "Imlek" yang jatuh hari ini, Senin (8/2/2016). Sebuah "doodle" bernuansa monyet terpasang pada laman mesin pencari tersebut.

Tepatnya, doodle karya ilustrator Alyssa Winans itu memperlihatkan keluarga monyet yang bergelantungan di sebuah ranting. Coretan tangan Alyssa tersebut menggantikan logo Google menjadi tujuh ekor monyet.

Nuansa tersebut sesuai dengan perhitungan China yang mengatakan tahun ini sebagai "Tahun Monyet Api".

"2016 adalah Tahun Monyet Api, yang mana merupakan urutan kesembilan dari dua belas urutan zodiak," begitu tertera pada keterangan Google Doodle hari ini, sebagaimana dihimpun KompasTekno dari arsip Google Doodle.

"Monyet adalah lambang yang merepresentasikan kecepatan dan kecerdasan. Orang yang lahir di bawah tahun ini cenderung mudah beradaptasi dan fleksibel dalam berpikir," kata Google.

Doodle Tahun Baru Imlek yang tertera pada laman pencarian Google Indonesia hari ini sama dengan doodle yang terpampang pada Google di beberapa negara lainnya. Antara lain beberapa negara di Asia, Amerika Serikat, Kanada, Argentina, Peru, Cile, Estonia, dan Kazakstan.

Khusus di Vietnam, Google mematrikan doodle Tahun Baru Imlek yang berbeda. Masih bertema monyet, doodle tersebut memperlihatkan seekor monyet sedang memikul ranting. Pada ranting itu, bergelantungan ikan dan simbol keberuntungan lainnya.

Diketahui, Google memang kerap memperingati hari raya, hari ulang tahun tokoh, atau hari-hari peringatan lainnya lewat doodle di mesin pencari.

Baca juga: Tahun Baru Imlek, Pendiri Facebook Umumkan Nama China Anaknya

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com