Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Orangutan Diajari Main Xbox, Hasilnya?

Kompas.com - 09/02/2016, 14:36 WIB
Fatimah Kartini Bohang

Penulis

Sumber Huff Post

KOMPAS.com - Satu lagi kesamaan manusia dan orangutan, yakni sama-sama bisa main konsol game Xbox. Setidaknya hal itu yang diharapkan oleh tim peneliti dari University of Melbourne, Australia.

Mereka menguji coba kemampuan itu pada Malu, seekor orangutan jantan berusia 12 tahun yang tinggal di Melbourne Zoo, Australia.

Menggunakan teknologi interaktif, peneliti memicu kemampuan Malu berpikir, bersemangat, dan berinteraksi sosial, saat dikurung di sel tahanan.

Dilansir KompasTekno, Selasa (9/2/2016) dari HuffingtonPost, peneliti kemudian memperkenalkan game Xbox dengan Kinect pada Malu.

Tak serupa Xbox yang dimainkan manusia, Xbox untuk Malu dirancang sedemikian rupa dengan menyematkan beberapa sensor gerak sebagai pengontrol.

Dari penuturan tim peneliti, Malu tampak aktif menekan dan mengelus cahaya-cahaya yang diproyeksikan ke lantai sel kurungannya. Hal itu memunculkan beragam respons.

"Ini mengindikasikan orangutan memiliki hasrat menggunakan lebih dari tangan mereka untuk berinteraksi," kata perwakilan tim peneliti.

Lebih lanjut, tim peneliti mengakui saat ini kemampuan Malu bermain Xbox masih sangat dasar dan perlu lebih banyak rangsangan dan latihan. Ke depan, peneliti mengatakan bakal mengeksplor kemampuan game Malu.

Harapannya, suatu hari nanti orangutan bisa benar-benar berinteraksi dengan manusia layakanya di film-film kartun imajinatif. Misalnya, orangutan dan manusia bisa duel game dengan kemampuan sebanding.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Huff Post

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com