Belajar Nyanyi Sampai Memasak, Semua Bisa dari YouTube

Kompas.com - 09/02/2016, 15:36 WIB
Lobby YouTube Space Tokyo yang terletak di lantai 29 Mori Tower, Roppongi, Tokyo, Jepang. Yoga Hastyadi Widiartanto/KOMPAS.comLobby YouTube Space Tokyo yang terletak di lantai 29 Mori Tower, Roppongi, Tokyo, Jepang.
|
EditorReza Wahyudi
KOMPAS.com - Sekarang mau belajar apa saja sangat mudah. Lewat Youtube bahkan kita bisa belajar sejauh-jauhnya. Dari bermain teknik vokal, memasang dasi, sampai memasak. Tinggal klik dan gurunya tersedia dari seluruh penjuru dunia.

Suatu kali penyanyi dan pelatih vokal Indra Aziz masuk ke sebuah rumah makan. Ia kaget karena mendadak disapa seseorang yang memosisikan diri sebagai murid.

"Saya kaget pegawai restoran itu menegur dan berterima kasih telah berguru kepada saya. Ternyata dia selalu menonton video tutorial olah vokal saya," kata Indra Azis.

Begitulah, sesederhana apa pun video yang ditayangkan di Youtube, tetap ada yang menonton. Dan jangkauan area video tersebut sangat luas, seperti contoh di atas. Tiba-tiba ada pertemuan antara guru dan murid di dunia nyata.

Youtube menjadi sekolah di jagat maya. Agus Nggermanto kini menjadi guru matematika bagi banyak orang. Pria yang terkenal lewat kanal Paman APIQ ini mengajarkan matematika kepada siswa dari berbagai jenjang sekolah. Tak hanya dari dalam negeri, murid-muridnya pun banyak dari mancanegara.

Banyak pilihan

Bukan hanya olah vokal dan matematika, dari Youtube orang bisa belajar apa pun sesuai kebutuhan. Ingin belajar memasak?

Gampang, pilih saja saluran masak berbagai genre mulai dari koki rumahan, orang yang baru belajar memasak, hingga chef-chef ternama pemilik restoran berbintang michelin. Masak masakan berat dan rumit sampai hidangan ringan dan supermudah, seperti mug cake, yang selesai dimasak dalam 2 menit.

Ingin belajar seni? Banyak video tersedia. Seperti memainkan aneka instrumen, menari, melukis, menggambar, desain grafis, serta menyanyi dan beatbox.

Bahkan, membuat prakarya dan aksesori, mengolah barang bekas, menyetrika baju, melipat pakaian, mengikat tali sepatu, berdandan heboh pun ada di Youtube. Belum cukup? Belajar memakai hijab cantik, memadupadankan busana, memilih peranti kecantikan juga ada.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X