Kompas.com - 10/02/2016, 12:33 WIB
View-Master VR Viewer AppleView-Master VR Viewer
Penulis Deliusno
|
EditorOik Yusuf
KOMPAS.com - Apple diam-diam menjual kacamata virtual reality sederhana bernama Virtual Reality (VR) Viewer buatan View-Master. Perangkat tersebut hanya dijual di toko online Apple dengan harga 30 dollar AS atau sekitar Rp 405.000.

Perangkat VR buatan View-Master ini sendiri memiliki kegunaan yang tidak jauh berbeda dengan Cardboard, kacamata VR buatan Google.

Secara garis besar, sebagaimana KompasTekno rangkum dari The Verge, Rabu (10/2/2016), pengguna nantinya bisa memasangkan iPhone ke dalam VR Viewer dan mulai menikmati tampilan VR menggunakan aplikasi tertentu. iPhone yang dipasangkan di View-Master berfungsi sebagai layar dan mesin VR.

Sebagai contoh, ketika menjalankan aplikasi video 360 derajat, pengguna dapat melihat dunia sekitar video tersebut hanya dengan menggerakkan kepala ke berbagai arah.

Masih sama dengan Cardboard, View-Master VR Viewer tidak dilengkapi dengan tali penahan kepala. Pengguna harus menggunakan tangan untuk menggunakan perangkat tersebut.

Satu hal yang membedakan View-Master VR Viewer dan Cardboard adalah material yang dipakai untuk membuat casing kacamata. Cardboard terbuat dari kardus, sementara View-Master VR Viewer memakai bahan plastik.

Apple kabarnya memang telah mulai menggarap segmen Virtual Reality secara serius dan sedang menyiapkan headset VR buatan sendiri. Sejumlah perusahaan dan pakar VR ikut diakuisisi untuk menyokong calon bisnis baru Apple ini.Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email



Sumber The Verge
Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.