Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Galaxy S7 Bakal Tahan Air Seperti Galaxy S5?

Kompas.com - 11/02/2016, 11:42 WIB
Fatimah Kartini Bohang

Penulis

KOMPAS.com - Beberapa saat lalu, muncul kabar Samsung Galaxy S7 dan S7 Edge bakal dilengkapi fitur "waterproof" alias tahan air. Fitur tersebut memungkinkan perangkat dicelupkan ke dalam air tanpa menyebabkan resiko kerusakan.

Isu tersebut seakan terkonfirmasi lewat dokumen yang terpatri pada situs Zauba, sebagaimana dilaporkan PhoneArena dan dihimpun KompasTekno, Kamis (11/2/2016).

Zauba merupakan situs pelacakan jalur impor dan ekspor yang kerap menampilkan detil spesifikasi smartphone yang belum dirilis.

Pada dokumen, terlihat beberapa komponen "waterproof" pada perangkat berkode Samsung SM-G930 (diduga Galaxy S7) dan Samsung SM-G935 (diduga Galaxy S7 Edge).

Komponen-komponen tersebut tak spesifik mengindikasikan kedua bersaudara Galaxy S7 akan serta-merta anti air. Tapi, setidaknya keduanya mungkin bakal memiliki kemampuan "water resistant" atau tahan air.

Artinya, Galaxy S7 dan S7 Edge tak akan rusak ketika terpercik air atau sedikit basah. Tapi, tak dianjurkan untuk menenggelamkan ponsel dalam genangan air.

Sempat absen

Kemampuan water resistant sebelumnya telah diboyong Samsung ke flagship Galaxy S5 keluaran 2014 silam, namun sempat absen ketika ditiadakan pada Galaxy S6.

Sebelumnya, Zauba juga mengungkap ukuran layar Galaxy S7 dan Galaxy S7 Edge. Masing-masing secara berurutan adalah 5.1 inci dan 5.5 inci.

Adapun beberapa bocoran spesifikasi yang santer terdengar antara lain prosesor Exynos 8890 atau Snapdragon 820, tergantung wilayah pemasaran. Sensor kamera diturunkan dari yang sebelumnya 16 megapiksel ke 12 megapiksel. Meski demikian, Samsung dikabarkan akan memasang diafragma f/1.7 yang lebih mumpuni.

Kapasitas baterai ditingkatkan menjadi 3000 mAH (S7) dan 3600 mAH (S7 Edge). RAM-nya 4GB, kamera depan 5 megapiksel, kapasitas penyimpanan internal 64GB, resolusi layar 2640x1440p, dan sistem operasi Android Marshmallow 6.0.

Benar atau tidaknya berbagai rumor tersebut bisa dipastikan dalam waktu dekat. Tepatnya pada perilisan Galaxy S7 dan S7 Edge yang bertepatan dengan ajang MWC di Barcelona, 21 Februari 2016 mendatang.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com