Kompas.com - 11/02/2016, 12:47 WIB
|
EditorOik Yusuf
KOMPAS.com - Microsoft menandatangani kesepakatan dengan vendor smartphone asal Taiwan, Acer untuk menyertakan aplikasi-aplikasi Microsoft dalam ponsel dan tablet Android yang diproduksi Acer.

Kesepakatan tersebut akan mulai diimplementasikan pada paruh kedua tahun 2016 ini. Dengan demikian, mulai Juli 2016, ponsel dan tablet Android Acer akan dipasangi aplikasi Microsoft secara pre-installed (langsung dari pabriknya).

Menurut keterangan di situs Microsoft, seperti dikutip KompasTekno, Kamis (11/2/2016), aplikasi-aplikasi yang akan disertakan antara lain aplikasi produktivitas Microsoft Word, Excel, PowerPoint, Outlook, aplikasi komunikasi Skype, OneNote, dan penyimpanan cloud OneDrive.

Acer sendiri memiliki brand Liquid yang beberapa model di antaranya merupakan ponsel Windows Phone.

Namun belum diketahui perangkat Acer apa yang akan mengusung aplikasi Microsoft pre-installed untuk pertama kalinya.

Selain Acer, Microsoft juga diketahui telah bekerja sama dengan vendor Samsung, LG, dan Sony untuk memasang aplikasi Microsoft di perangkat Android tertentu.

Microsoft mengklaim saat ini memiliki 74 rekanan vendor hardware di seluruh dunia yang memasang aplikasi miliknya di smartphone atau tablet Android.

Dengan menggandeng para vendor Android besar, diharapkan aplikasi Microsoft menjadi lebih populer dan banyak dipakai.

Langkah ini menjadi alternatif Microsoft di pasar mobile, sebab produk Windows Phone besutannya saat ini kurang diminati. Walau menjadi OS smartphone terbesar ketiga, namun Windows Phone hanya memiliki pangsa pasar di bawah 2 persen.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Sumber Microsoft
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.