6 Cara Mengamankan Ponsel dari Kejahatan "Cyber"

Kompas.com - 12/02/2016, 11:18 WIB
|
EditorOik Yusuf
JAKARTA, KOMPAS.com - Ponsel kini sudah sama pentingnya dengan komputer. Pasalnya, perangkat genggam yang satu ini mempermudah siapa pun ketika mengakses informasi dan layanan berbasis internet.

Namun, satu hal yang mesti diingat, internet juga merupakan gerbang menuju berbagai hal berbahaya. Selalu ada risiko pencurian data hingga infeksi malware yang bakal merusak sistem komputasi ponsel.

Google, melalui keterangan resminya pada KompasTekno, Jumat (12/2/2016), memberi sejumlah saran agar pengguna ponsel bisa tetap aman dari potensi kejahatan berbasis internet. Berikut ini rangkumannya.

1. Pasang "kunci"

Ponsel yang tak terkunci ibarat sebuah rumah dengan pintu yang terbuka lebar. Siapa pun bisa masuk ke dalamnya tanpa harus berusaha keras.

Langkah pertama agar keamanan ponsel terjamin adalah memasang kunci layar. Anda bisa memakai PIN, password, atau pattern lock untuk mengamankan ponsel dari pihak tak bertanggung jawab.

2. Waspada saat "download"

Langkah kedua, saat mengunduh aplikasi perhatikan review pengguna lain, syarat yang diminta sistem, serta kebijakan privasi pada aplikasi.

Pastikan tak ada yang aneh dari review atau syarat yang diminta sistem. Selain itu, usahakan download dari jalur resmi, misalnya Google Play Store.

3. Jangan asal pakai WiFi

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.