Di Lombok, Bayar STNK hingga Pemakaman Bisa secara "Online"

Kompas.com - 15/02/2016, 07:54 WIB
Direktur Service Management XL, Ongki Kurniawan Oik Yusuf/KompasTeknoDirektur Service Management XL, Ongki Kurniawan
|
EditorOik Yusuf
JAKARTA, KOMPAS.com — PT XL Axiata Tbk (XL) dan Pemerintah Provinsi Nusa Tenggara Barat mulai mengimplementasikan program XmartCities di Lombok. Salah satu wujudnya adalah pemesanan pemakaman dan pembayaran pajak kendaraan bermotor online.

Program inisiasi kota pintar ini baru tahap awal saja dan memang diarahkan untuk membuat sebuah portal web khusus Pulau Lombok serta aplikasi untuk mengaksesnya. Isinya berupa layanan yang mempermudah akses informasi dan solusi hubungan antara pemerintah dengan masyarakat.

Saat ini ada empat layanan yang bisa diakses melalui portal www.xmartcitylombok.com, yaitu pembayaran pajak STNK, pemesanan makam, informasi panti asuhan, serta video YouTube khusus konten dakwah islami.

"Keempat layanan digital yang kini bisa mulai dimanfaatkan oleh masyarakat ini akan mengantar Provinsi NTB menjadi salah satu provinsi terdepan dalam memanfaatkan solusi digital, termasuk soal e-government," ujar Direktur Digital Services XL Ongki Kurniawan dalam ketarangan resminya pada KompasTekno, Minggu (14/2/2016).

Total ada lima wilayah Lombok yang bisa mengakses layanan tersebut, yaitu Kota Mataram, Kabupaten Lombok Barat, Lombok Tengah, Lombok Timur, dan Lombok Utara.

Di masing-masing wilayah tersebut, layanan dibagi lagi menjadi daerah Karang Medain, Bintaro, Demong Jempong, Pemate, Sengkerang, Leneng Puah Raya, Selong, Jero Waru, Nang Sebali Tanjung, dan Karang Baru Pemenang.

Khusus pembayaran STNK, pengguna layanan bisa melakukan pembayaran melalui XL Tunai sehingga tak perlu lagi mengantre lama. Cukup dengan mengirim SMS, membayar, dan selanjutnya mencetak bukti pembayaran di loket-loket khusus yang disediakan instansi terkait.

Sebagai catatan, sekarang baru ada satu loket untuk mencetak bukti pembayaran, yaitu di Kota Mataram. Rencana selanjutnya adalah menambah sekitar lima loket lagi.

Dalam pembuatan portal web kota pintar ini, XL menggandeng Sekolah Tinggi Manajemen Informatika dan Komputer (STMIK) Bumigora, Mataram.



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X