Awas, Jangan Ubah Tanggal iPhone Jadi 1 Januari 1970!

Kompas.com - 15/02/2016, 10:41 WIB
iPhone 5S AppleiPhone 5S
|
EditorOik Yusuf
KOMPAS.com — Jangan sekali-kali mengubah tanggal di perangkat iOS, baik itu iPhone, iPad, maupun iPod Touch, menjadi "masa lalu", tepatnya 1 Januari 1970. Kalau Anda nekat mencobanya, perangkat mobile itu bisa langsung rusak.

Masalah itu disebabkan adanya bug pada pengaturan tanggal iOS. Sejumlah pengguna melaporkan pemicunya adalah mengubah tanggal menjadi 1 Januari 1970 dan melakukan restart.

Setelah restart, perangkat genggam akan hang, hanya menampilkan logo Apple dan tidak bisa melakukan boot ke sistem operasi.

Parahnya, sebagaimana dilansir KompasTekno dari Sydney Morning Herald, Senin (15/2/2016), kondisi tersebut akan tetap berulang meski pengguna sudah me-reset atau mengganti firmware dalam perangkat genggamnya.

Bug tersebut hanya terjadi pada perangkat genggam yang menggunakan chipset 64-bit. Artinya, ini cuma menimpa iPhone 5S, iPad Air, iPad Mini, iPod Touch 2015, dan yang lebih baru.

Tak jelas apa yang menyebabkan bug tersebut. Namun, ada dugaan bahwa bug terjadi karena 1 Januari 1970 adalah hari pertama dalam sistem pengaturan waktu platform Unix yang menjadi basis sistem operasi iOS.

Sistem Unix melacak pergerakan waktu berdasarkan detik-detik yang berlalu setelah hari pertama itu.

Sementara itu, pengaturan tanggal ke 1 Januari 1970 sama saja membuat patokan waktu dalam perangkat kembali ke angka nol. Entah mengapa ini menjadi masalah serius di gadget Apple.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Sumber smh.com.au

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X