Apple Siapkan Obat untuk Bug "1 Januari 1970"

Kompas.com - 17/02/2016, 09:27 WIB
|
EditorOik Yusuf
KOMPAS.com - Apple akhirnya mengakui bahwa perangkat genggam 64-bit buatannya, yaitu iPad, iPhone dan iPod Touch, memiliki bug "1 Januari" yang berpotensi merusak perangkat-perangkat ini.

Perusahaan berlambang apel tergigit itu pun segera bertindak meracik "obat" untuk menyembuhkan masalah tersebut.

"Sebuah update software akan mencegah masalah ini terjadi pada perangkat iOS. Apabila Anda terlanjur mengalaminya, hubungi Apple Support," tulis Apple dalam sebuah pernyataan singkat di situsnya, seperti dirangkum KompasTekno dari ZDNet, Selasa (16/2/2016).

Tak dijelaskan kapan persisnya update dimaksud akan mulai disalurkan ke perangkat-perangkat iOS.

Sebelumnya, sejumlah pengguna melaporkan adanya bug terkait pengaturan tanggal di perangkat bersistem operasi iOS.

Bila tanggal iOS diatur menjadi 1 Januari 1970, lalu pengguna melakukan restart, maka perangkat genggam bakal rusak. Sistem bakal hang dengan hanya menampilkan logo Apple saat booting, tak bisa masuk ke sistem operasi (bricked).

Apple tak merinci penyebab masalah ini. Namun diduga sumbernya adalah model pengaturan waktu platform Unix yang menjadi basis iOS.

Pengaturan waktu Unix dimulai pada 00.00.00 UTC, tanggal 1 Januari 1970. iOS menghitung tanggalan berdasarkan detik-detik yang berlalu setelah waktu tersebut. Mengubah tanggal ke "1 Januari 1970" akan mengulang penghitungan ke angka nol dan menyebabkan sistem crash.

Masalah ini hanya terjadi pada perangkat iOS yang menggunakan chipset 64-bit, yakni iPhone 5S, iPad Air, iPad Mini 2, serta iPod Touch generasi ke-6 (2015) atau yang lebih baru.

Selagi menunggu "obat" dari Apple, ada cara lain yang bisa dicoba untuk memperbaiki ponsel yang tersengat bug 1 Januari 1970, yakni dengan membiarkan perangkat menyala sampai kehabisan baterai.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Sumber 9to5mac
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.