Toshiba Tak Jadi Mundur dari Bisnis PC

Kompas.com - 17/02/2016, 10:06 WIB
Logo Toshiba ReutersLogo Toshiba
|
EditorOik Yusuf
KOMPAS.com - Toshiba berubah pikiran. Perusahaan Jepang itu sempat menyatakan menyerah dan akan keluar dari bisnis PC, namun kini justru mengumumkan niatnya untuk bangkit.

Toshiba menyatakan bakal tetap memproduksi PC melalui pabrik terbesarnya di Hangzhou, China. Selain itu ada juga rencana untuk menggabungkan bisnis PC miliknya dengan Vaio dan Fujitsu.

Dilansir KompasTekno dari Reuters, Rabu (17/2/2016), Toshiba akan fokus pada desain dan pengembangan, sedangkan urusan produksi merk Dynabook diserahkan pada Fujitsu dan Vaio. Cara demikian dinilai akan membantu Toshiba menghemat berbagai ongkos.

Sebelumnya, perusahaan yang sempat menjadi raksasa PC itu dikabarkan menyerah dan berniat menjual pabrik di Hangzhou, China. Kondisi keungan pun tak terlalu baik pasca terjadi skandal akuntansi.

Skandal yang dimaksud adalah tindakan sejumlah petinggi Toshiba melebih-lebihkan keuntungan perusahaan sejak 2008 hingga 2014. Keuntungan palsu tersebut tercatat sebesar 1,2 miliar dollar AS atau setara Rp 16,2 triliun.

Kerugian itu menyebabkan Toshiba mesti melakukan restrukturisasi perusahaan dan memangkas ribuan pekerja. Petinggi yang telah terbukti terlibat dalam skandal tersebut akan segera mengundurkan diri.Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email



Sumber Reuters

Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.