Diblokir di Indonesia, Apa Itu Tumblr?

Kompas.com - 17/02/2016, 20:06 WIB
Tumblr 4.0 teranyar bisa unggah konten blog lewat smartphone TechcrunchTumblr 4.0 teranyar bisa unggah konten blog lewat smartphone
|
EditorWicak Hidayat
KOMPAS.com - Kementerian Komunikasi dan Informasi (Kemenkominfo) memblokir situs jejaring sosial dan mikroblog Tumblr. Pasalnya, situs tersebut dianggap menyebarkan konten pornografi.

Tahukah Anda apa itu Tumblr? Berikut adalah penjelasan ringkasnya.

Dari mekanisme operasinya, Tumblr sebenarnya mirip Twitter. Platform tersebut memungkinkan pengguna membagi beragam jenis posting. Baik berbentuk teks, video, foto, GIF, tautan, maupun quote.

Pengguna juga bisa memanfaatkan kemampuan "Re-blog" yang mirip dengan fungsi "Re-tweet". Pun begitu, Tumblr tak serta-merta sama dengan Twitter. Kedua platform tetap punya perbedaan yang signifikan.

Pertama, Tumblr dilengkapi fitur chat yang memungkinan penggunanya mengobrol maya dengan pengguna lain secara privat dan real time. Syaratnya, kedua pengguna harus saling mengikuti.

Hal ini bisa saja dimungkinkan Twitter lewat fitur direct message (DM). Tapi, antarmuka DM tak membuat alur komunikasi antar pengguna secepat fitur chat pada Tumblr.

Selain itu, Tumblr tak punya batasan 150 karakter seperti Twitter. Pengguna lebih bebas mengekspresikan gagasannya tanpa dibatasi kuota karakter.

Hanya saja, karakteristik Tumblr cenderung membuat penggunanya menulis artikel singkat, dalam artian tak sepanjang yang biasanya diunggah ke Wordpress atau Blogspot.  

Ada pula karakteristik Pinterest tertuang pada Tumblr. Jika pengguna melihat sesuatu yang menarik di jagat maya, pengguna bisa mengklik "Share on Tumblr".

Lalu, pengguna dapat mengelompokkan konten-konten visual tertentu dengan direktori berdasarkan tag dan wilayah geografis.

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X