Toshiba, Vaio, dan Fujitsu Segera Bersatu

Kompas.com - 18/02/2016, 13:33 WIB
Logo Vaio MaxisciencesLogo Vaio
|
EditorReza Wahyudi
KOMPAS.com - Tiga perusahaan komputer Jepang, yaitu Toshiba, Vaio dan Fujitsu, akan segera bersatu membentuk sebuah produk baru. Langkah ini dilakukan demi bertahan dan bisa menyaingi rival mereka, seperti Lenovo.

Ketiganya telah melakukan serangkaian negosiasi terkait proses penyatuan tersebut. Vaio sudah hampir menyelesaikan tahap negosiasi ini dan tinggal menunggu keputusan penyatuan ke Toshiba dan Fujitsu sekitar akhir Maret mendatang.

Sebagaimana dilansir KompasTekno dari Android Authority, Kamis (18/2/2016), saat penyatuan terjadi, Vaio akan memegang saham tersbesar dalam merger tersebut. Hal ini diharapkan bisa membuat ketiga perusahaan menghemat biaya riset, pengembangan serta skala produksi.

Toshiba sudah mengalami masalah sejak terjadinya skandal akuntansi di dalam perusahaan mereka. Buntutnya adalah pemutusan hubungan kerja sekitar 7.800 karyawan di seluruh dunia.

Mereka bahkan sempat dikabarkan menyerah dan akan pensiun dari bisnis PC. Tapi nyatanya, perusahaan Jepang ini bangkit dan mengumumkan niatnya untuk terus maju.

Industri PC sendiri sudah menyusut sekaligus berubah menjadi medan perang antara perusahaan raksasa, seperti Lenovo, Dell, dan HP.

Sedangkan perusahaan yang lebih kecil, seperti Toshiba, Vaio, serta Fujitsu, mesti bergabung demi menjaga daya saingnya di hadapan perusahaan tersebut.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Seandainya merger ketiga perusahaan ini sukses, bisa jadi produk buatannya akan mampu menyaingi Lenovo, Dell dan HP.Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.