Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Google Sindir Apple Monoton Pakai Dentingan Piano

Kompas.com - 18/02/2016, 15:03 WIB
Fatimah Kartini Bohang

Penulis

Sumber CNET
KOMPAS.com - Banyak brand menyindir Apple lewat iklan komersial. Sebut saja Samsung lewat iklan "Open to Customization" dan LG lewat iklan "Optimus G".

Kini, giliran Google Android yang tampaknya ingin melibas sistem operasi Apple iOS lewat sebuah iklan, sebagaimana dilaporkan Cnet dan dihimpun KompasTekno, Kamis (18/2/2016)

Bertajuk "Monotune", iklan berdurasi sekitar satu menit tersebut mengindikasikan keberagaman pengalaman menjajal perangkat mobile yang dimungkinkan Android untuk penggunanya.

Hal itu tergambar dari seorang pianis yang sedang memainkan piano normal. Kombinasi beragam nada dimainkan dan membangun sebuah harmoni melodi yang apik.

Lalu sang pianis berpindah memainkan piano lain. Kali ini, piano hanya menyediakan satu nada pada kunci "C". Alhasil, bunyi yang dihasilkan terdengar monoton dan membosankan.

Piano itu diduga kuat menyindir iOS yang tampilannya kurang fleksibel untuk dikustomisasi. "Be Together, Not The Same (Bersama-sama, bukan berarti sama)," begitu tagline iklan yang diusung.


Beberapa orang bisa berpikiran positif bahwa Android tak spesifik menyindir iOS. Bisa saja iklan itu ditujukan pula untuk Windows.

Meski begitu, beberapa pengamat menyebut iklan sindiran hanya ditujukan bagi kompetitor. Dalam hal ini, hubungan Android dan iOS lebih bisa disebut kompetitor ketimbang relasi Android dan Windows.

Ditanya soal ini, perwakilan Apple tak ingin menjawab panjang lebar. "Tak ada yang perlu dikomentari," kata dia singkat.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber CNET



Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com