Google Sindir Apple Monoton Pakai Dentingan Piano

Kompas.com - 18/02/2016, 15:03 WIB
Patung Android Marshmallow di kantor pusat Google, Mountain View, California. Wicak Hidayat/KompasTeknoPatung Android Marshmallow di kantor pusat Google, Mountain View, California.
|
EditorReza Wahyudi
KOMPAS.com - Banyak brand menyindir Apple lewat iklan komersial. Sebut saja Samsung lewat iklan "Open to Customization" dan LG lewat iklan "Optimus G".

Kini, giliran Google Android yang tampaknya ingin melibas sistem operasi Apple iOS lewat sebuah iklan, sebagaimana dilaporkan Cnet dan dihimpun KompasTekno, Kamis (18/2/2016)

Bertajuk "Monotune", iklan berdurasi sekitar satu menit tersebut mengindikasikan keberagaman pengalaman menjajal perangkat mobile yang dimungkinkan Android untuk penggunanya.

Hal itu tergambar dari seorang pianis yang sedang memainkan piano normal. Kombinasi beragam nada dimainkan dan membangun sebuah harmoni melodi yang apik.

Lalu sang pianis berpindah memainkan piano lain. Kali ini, piano hanya menyediakan satu nada pada kunci "C". Alhasil, bunyi yang dihasilkan terdengar monoton dan membosankan.

Piano itu diduga kuat menyindir iOS yang tampilannya kurang fleksibel untuk dikustomisasi. "Be Together, Not The Same (Bersama-sama, bukan berarti sama)," begitu tagline iklan yang diusung.


Beberapa orang bisa berpikiran positif bahwa Android tak spesifik menyindir iOS. Bisa saja iklan itu ditujukan pula untuk Windows.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Meski begitu, beberapa pengamat menyebut iklan sindiran hanya ditujukan bagi kompetitor. Dalam hal ini, hubungan Android dan iOS lebih bisa disebut kompetitor ketimbang relasi Android dan Windows.

Ditanya soal ini, perwakilan Apple tak ingin menjawab panjang lebar. "Tak ada yang perlu dikomentari," kata dia singkat.



Sumber CNET

Rekomendasi untuk anda
25th

Ada hadiah uang elektronik senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X