Indosat Perkenalkan Gig, Internet Kabel untuk Rumahan

Kompas.com - 18/02/2016, 17:05 WIB
CEO Indosat Alexander Rusli, Head of Marketing Google Indonesia Veronica Utami, dan Chief of New Business and Innovation Indosat Ooredoo, Prashant Gokarn dalam acara perkenalan layanan internet kabel Gig, Jakarta, Kamis (18/2/2016). Oik Yusuf/KOMPAS.comCEO Indosat Alexander Rusli, Head of Marketing Google Indonesia Veronica Utami, dan Chief of New Business and Innovation Indosat Ooredoo, Prashant Gokarn dalam acara perkenalan layanan internet kabel Gig, Jakarta, Kamis (18/2/2016).
Penulis Oik Yusuf
|
EditorReza Wahyudi
JAKARTA, KOMPAS.com - Lewat sebuah acara di Jakarta, operator telekomunikasi Indosat Ooredoo hari ini (18/2/2016) secara resmi memperkenalkan layanan internet kabel (fixed broadband) untuk pengguna rumahan bernama "Gig".

Dibanding layanan lain sejenisnya, Gig yang berbasis teknologi fiber optik (Fiber to the Home, FTTH) ini memiliki keunikan berupa kecepatan akses internet yang sangat tinggi, mencapai 1 gigabit per detik, baik untuk download maupun upload.

Gig sendiri ditawarkan dengan beberapa paket tarif, mulai Rp 250.000 hingga Rp 5,5 juta per bulan yang dibedakan berdasarkan kecepatan akses, dari 5 Mbps hingga 1 Gbps dan tanpa FUP (fair usage policy).

Layanan Gig sebenarnya sudah mulai aktif sejak kuartal kedua tahun lalu, namun baru hari ini diresmikan.

"Dalam waktu 9 bulan sejak pertama beroperasi itu, kami sudah berhasil mengumpulkan 100 ribu pelanggan," sebut Chief of New Business and Innovation Indosat Ooredoo, Prashant Gokarn, saat berbicara di panggung acara.

Indosat Ooredoo saat ini baru menyediakan Gig di sebagian wilayah kota Jabodetabek dan Bandung. Namun Gokarn mengatakan pihaknya berencana melakukan ekspansi ke kota-kota lain dalam waktu dekat, termasuk Surabaya, Yogyakarta, Makassar, dan Bali.

"Hingga akhir 2016, mungkin kami akan menambah jangkauan ke 10 hingga 20 kota lagi," katanya.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Bundling Google

Bersama dengan perkenalan Gig, Indosat turut mengumumkan kemitraan dengan Google dalam menyediakan sejumlah bundling khusus untuk pelanggan Gig.

Paket bundling dimaksud termasuk penyediaan dongle Google Chromecast untuk keperluan video streaming, seperti YouTube dari ponsel ke TV, juga laptop Google Chrome.

"Chromecast untuk pertamakalinya dipasarkan di Indonesia melalui kemitraan dengan Indosat ini. Begitu juga dengan Chromebook," ujar Head of Marketing Google Indonesia Veronica Utami.

Selain itu, pelanggan Gig turut mendapatkan bundling ruang penyimpanan gratis sebesar 50 GB di layanan cloud storage Google Drive.Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.