Kompas.com - 20/02/2016, 08:52 WIB
|
EditorWicak Hidayat
JAKARTA, KOMPAS.com - PT Smartfren Telecom (Smartfren) jadi yang pertama merilis perangkat dengan teknologi Voice over LTE (VoLTE). Bisakah teknologi ini dipakai telepon lintas operator?

"Saya mau tanya dulu. Operator lain yang punya VoLTE siapa? Jadi mau VoLTE ke siapa?"  jawab Presiden Direktur Smartfren Merza Fachys, saat mendapat pertanyaan tersebut di sela peluncurkan Andromax R2 dan E2, Jakarta, Jumat (19/2/2016).

VoLTE berbeda dengan telepon biasa. Teknologi baru ini berbasis layanan data 4G LTE dan mengandalkan internet cepat itu untuk bisa menelepon.

Karena berbasis layanan data, tak cuma telepon saja yang bisa dilakukan. Pengguna VoLTE juga bisa langsung memakainya untuk video call.

Sayangnya masih belum cukup banyak perangkat genggam yang mendukung teknologi VoLTE. Sebelum perilisan dua perangkat Andromax ini, ponsel yang mengadopsi VoLTE masih sedikit dan mahal, antara lain iPhone 6 dan Samsung Galaxy Note 5.

Selain soal gadget, pengguna VoLTE cuma bisa menelepon menggunakan teknologi tersebut ke operator yang sudah menerapkannya. Jadi sementara ini VoLTE Smartfren cuma bisa dipakai untuk menghubungi sesama nomor Smartfren.

"Kalau suatu saat operator lain punya VoLTE, tentu kita selenggarakan interkoneksi. Kalau sudah ada interkoneksi tentu bisa saling telepon," terang Merza.

"Sekarang gimana kalau mau telepon ke nomor lain? Ya bisa saja, kalau telpon tradisional dengan suara yang biasa bisa saja ke operator lain. Tapi kualitas panggilannya ya biasa, tanpa keunggulan-keunggulan VoLTE," pungkasnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.