Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Smartfren: Operator Lain Ada yang Sudah VoLTE?

Kompas.com - 20/02/2016, 08:52 WIB
Yoga Hastyadi Widiartanto

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Smartfren Telecom (Smartfren) jadi yang pertama merilis perangkat dengan teknologi Voice over LTE (VoLTE). Bisakah teknologi ini dipakai telepon lintas operator?

"Saya mau tanya dulu. Operator lain yang punya VoLTE siapa? Jadi mau VoLTE ke siapa?"  jawab Presiden Direktur Smartfren Merza Fachys, saat mendapat pertanyaan tersebut di sela peluncurkan Andromax R2 dan E2, Jakarta, Jumat (19/2/2016).

VoLTE berbeda dengan telepon biasa. Teknologi baru ini berbasis layanan data 4G LTE dan mengandalkan internet cepat itu untuk bisa menelepon.

Karena berbasis layanan data, tak cuma telepon saja yang bisa dilakukan. Pengguna VoLTE juga bisa langsung memakainya untuk video call.

Sayangnya masih belum cukup banyak perangkat genggam yang mendukung teknologi VoLTE. Sebelum perilisan dua perangkat Andromax ini, ponsel yang mengadopsi VoLTE masih sedikit dan mahal, antara lain iPhone 6 dan Samsung Galaxy Note 5.

Selain soal gadget, pengguna VoLTE cuma bisa menelepon menggunakan teknologi tersebut ke operator yang sudah menerapkannya. Jadi sementara ini VoLTE Smartfren cuma bisa dipakai untuk menghubungi sesama nomor Smartfren.

"Kalau suatu saat operator lain punya VoLTE, tentu kita selenggarakan interkoneksi. Kalau sudah ada interkoneksi tentu bisa saling telepon," terang Merza.

"Sekarang gimana kalau mau telepon ke nomor lain? Ya bisa saja, kalau telpon tradisional dengan suara yang biasa bisa saja ke operator lain. Tapi kualitas panggilannya ya biasa, tanpa keunggulan-keunggulan VoLTE," pungkasnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com