Smartphone Akan Lebih Perkasa dari PS4

Kompas.com - 20/02/2016, 16:12 WIB
Penulis Oik Yusuf
|
EditorWicak Hidayat

KOMPAS.com - Perkembangan teknologi prosesor mobile semakin lama membuat kinerja smartphone semakin meningkat.

ARM selaku perusahaan yang merancang “otak” di sebagian besar perangkat mobile bahkan memprediksi bahwa performa gadget seperti ponsel dan tablet bakal melewati PlayStation 4 dan Xbox One, menjelang akhir 2017.

Direktur ekosistem ARM Nizar Romdan menjelaskan bahwa pihaknya akan bekerjasama dengan para pabrikan chip rekanan seperti Nvidia dan Samsung untuk membikin prosesor yang mampu menghasilkan visual lebih canggih dibandingkan dua konsol game terkini itu.

Hardware perangkat mobile sudah sangat bertenaga,” uajr Romdan saat berbicara dalam acara Casual Connect Europe minggu ini, sebagaimana dirangkum KompasTekno dari VentureBeat, Jumat (19/2/2016).

“Performa smartphone dan tablet high-end saat ini sudah lebih baik daripada Xbox 360 dan PlayStation 3. Mereka dengan cepat bakal menyusul Xbox One dan PlayStation 4,” tambahnya.

Menurut prediksi ARM, pada kuartal keempat 2017, prosesor-prosesor mobile terkencang bakal memiliki kinerja komputasi hampir 2 tera FLOPS (Floating Point Operations per Second), sementara PlayStation 4 diketahui mencatat angka 1,84 tera FLOPS.

Tentu, ini bukan berarti para penerbit game konsol akan berbondong-bondong memindahkan aneka judul andalannya ke platform mobile. Perbedaan form factor berupa perangkat genggam berlayar sentuh mensyaratkan bentuk game yang berbeda pula.

Romdan mengisyaratkan bahwa perbedaan form factor antara konsol game dan smartphone itu nantinya bakal bisa dijembatani lewat teknologi virtual reality (VR).

“Memang, prosesnya akan berbeda. Daya tahan baterai juga akan menjadi masalah. Tapi pengalamannya sama dan itu bisa menjadi pendobrak di segmen mobile gaming,” pungkas dia.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.