Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Samsung Resmi Luncurkan Galaxy S7 dan S7 Edge di Barcelona

Kompas.com - 22/02/2016, 01:39 WIB
Fatimah Kartini Bohang

Penulis

BARCELONA, KOMPAS.com - Sejak akhir 2015, rumor tentang Samsung Galaxy S7 dan S7 Edge sudah membanjiri jagat maya. Kurang lebih empat bulan dinanti, akhirnya duet flagship tersebut resmi diperkenalkan ke publik.
 
KompasTekno menghadiri langsung peluncuran hari ini, Minggu (21/2/2016), dalam acara bertajuk "Samsung Galaxy Unpacked" di Barcelona, Spanyol.

"Komitmen kami selalu mendengar dan memahami keinginan Anda," ujar President Mobile Communication Business Samsung D.J Koh di atas panggung acara peluncuran.

 
Sesuai bocoran, Samsung memunculkan kembali dua fitur yang terdapat pada Galaxy S5 dan lengser pada Galaxy S6. Masing-masing adalah kemampuan anti air (water-resistant) dengan sertifikasi IP68 dan kehadiran slot microSD untuk memori eksternal hingga 200 GB.
 
Dari segi desain, Galaxy S7 mengusung layar 5,1 inci seperti pendahulunya. Sementara S7 Edge lebih bongsor dengan layar 5,5 inci. Layar keduanya menggunakan teknologi sAMOLED  dengan resolusi QHD (1440x2560).

Selain ukuran layar, bentuk layar, dan antarmuka "UX Edge", tak ada yang membedakan kedua varian tersebut.

Fatimah Kartini Bohang Tampak depan Samsung Galaxy S7 dan S7 Edge
RAM 4 GB dianggap cukup menjalankan beragam aktivitas yang dipersenjatai prosesor Exynos 8890 buatan Samsung atau Qualcomm Snapdragon 820, tergantung wilayah pemasaran. Adapun keduanya menggunakan sistem operasi Android Marshmallow 6.0.1.
 
Kapasitas baterai ditingkatkan menjadi 3.000 mAH pada Galaxy S7 dan 3.600 mAH pada S7 Edge. Fitur pengecasan cepat (fast-charging) dan pengecasan nirkabel (wireless charging) masih tetap dipertahankan dari Galaxy S6.
 
Samsung juga menghadirkan sistem pendingin (cooling system) pada Galaxy S7. Tujuannya mencegah sistem cepat panas dalam penjajalan aplikasi, utamanya saat main game.
 
Kali ini, Samsung memang tampak lebih serius memanjakan para gamers. Melalui fitur bertajuk "game launcher", Galaxy S7 menjamin pengguna tak bakal terganggu dengan notifikasi dan pengguliran aplikasi lain -bahkan saat pengguna harus menggulir aplikasi lain-, saat bermain game. Permainan juga bisa direkam dan dipindai untuk kemudian dibagikan ke media sosial.
 
Soal kamera, Galaxy S7 mematrikan sensor 12 megapiksel dengan kemampuan OIS (optical image stabilization)  dari yang sebelumnya 16 megapiksel. Meski menurun, kualitasnya tak lantas lebih buruk. Sebab bukaan kamera Galaxy S7 kini ditingkatkan menjadi f/1.7 dari f/1.9. Artinya, hasil tangkapan gambar pada kondisi minim cahaya akan lebih apik.
 
Kedua ponsel hadir dalam empat varian warna, yakni gold, silver, hitam, dan putih. Belum jelas kapan Samsung akan memasarkan Galaxy S7 dan S7 Edge secara komersil. Harganya pun belum diungkap.
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com