Korban Penembakan Teroris Tuntut Apple Buka Enkripsi

Kompas.com - 23/02/2016, 08:37 WIB
situs penggalangan dana sumbangan untuk keluarga korban penembakan San Bernardino, California. screen shot LunchGoodsitus penggalangan dana sumbangan untuk keluarga korban penembakan San Bernardino, California.
|
EditorWicak Hidayat
KOMPAS.com - Beberapa korban serangan terorisme di San Berdardino (San Bernardino Attack) akan mengajukan tuntutan agar Apple Inc membuka enkripsi iPhone milik salah satu pelaku penembakan.

Hal tersebut diungkapkan oleh salah satu pengacara yang ditunjuk Departemen Kehakiman AS untuk mewakili korban, Stephen Larson kepada Reuters, seperti dikutip KompasTekno, Senin (22/2/2016).

"Mereka (korban) menjadi target teroris, mereka ingin tahu kenapa, dan bagaimana hal itu bisa terjadi," kata Larson.

Namun tidak diketahui berapa jumlah korban penembakan yang diwakili oleh Larson.

Seperti diketahui, 14 orang meninggal dan 22 lainnya terluka dalam peristiwa penembakan oleh pasangan di San Bernardino pada 2 Desember 2015.

Pasangan tersebut meninggal dalam baku tembak dengan pihak berwajib.

Penyelidik federal AS FBI menyita ponsel Apple dari pasangan tersebut, namun tidak bisa mengakses datanya karena diproteksi oleh password dan enkripsi.

Terima kasih telah membaca Kompas.com.
Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Apple menolak untuk membuka enkripsi tersebut dengan alasan langkah tersebut bisa memberi preseden buruk dan mengancam keamanan konsumennya.

Tim Cook, CEO Apple mengatakan, "Kami berduka atas kehilangan yang dirasakan dan menginginkan keadilan untuk semua yang menjadi korban."

Sementara Direktur FBI James Comey dalam keterangan tertulisnya mengatakan bahwa tindakan FBI bukan untuk membuat preseden hukum, namun lebih kepada mencari keadilan bagi korban dan menginvestigasi kemungkinan adanya ancaman lain.

Baca tentang


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X