Lenovo Luncurkan Paket Data ala Operator Telekomunikasi

Kompas.com - 23/02/2016, 12:01 WIB
Lenovo Connect TechCrunchLenovo Connect
|
EditorReza Wahyudi
KOMPAS.com - Lenovo kali ini meluncurkan sebuah layanan yang benar-benar di luar kebiasaan. Layaknya sebuah operator telekomunikasi, perusahaan asal China ini meluncurkan paket data roaming global.

Mereka menyebut layanan paket data itu sebagai Lenovo Connect. Penggunanya bisa mendapatkan paket data roaming yang diklaim lebih murah dan bisa berfungsi di berbagai negara tanpa harus mengganti kartu SIM.

Keberadaan layanan tersebut mengubah Lenovo menjadi mobile virtual network operator (MVNO), khusus untuk paket data roaming.

Ini bukan berarti perusahaan asal China itu menjadi operator telekomunikasi dan membangun berbagai infrastruktur jaringan.

Layanan data MVNO merupakan hasil kesepakatan bisnis antara perusahaan dengan operator telekomunikasi. MVNO biasanya mendapat harga borongan sehingga bisa mengatur sendiri harga jualnya ke pelanggan.

Sebaimana dilansir KompasTekno dari TechCrunch, Selasa (23/2/2016), Lenovo Connect pertama kali diluncurkan bulan ini di China, khusus untuk pengguna ponsel LeMeng X3 atau tablet MIIX 700.

Di tahap pertama tersebut, Lenovo Connect ditarget bisa berfungsi di lebih dari 50 negara. Selanjutnya, mereka juga akan merilisnya di negara lain, kendati prosesnya lambat.

Akhir kuartal ini, Lenovo berencana meluncurkan paket data roaming itu di Eropa, Timur Tengah, serta Afrika. Mereka sedang mengusahakan agar roaming bisa bertambah ke 45 negara lain.

Perusahaan China tersebut mengklaim mereka telah mengerjakan bisnis MVNO selama beberapa waktu dan sudah menggaet 11 juta pelanggan.

Namun detil tarif dan negara yang bisa memakai Lenovo Connect masih belum jelas. Mereka belum mengumumkan hal itu lebih jauh.



Sumber TechCrunch

Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X