Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Qualcomm Beberkan Cara Kerja QuickCharger 3.0

Kompas.com - 23/02/2016, 14:34 WIB
Oik Yusuf

Penulis

BARCELONA, KOMPAS.com - Qualcomm adalah salah satu pabrikan yang getol menawarkan solusi fast charging alias pengisian baterai gadget secara cepat lewat teknologi besutanya.

Dipasarkan di bawah nama dagang Quick Charge, teknologi pengisian baterai cepat ini beberapa waktu lalu telah mencapai generasi ketiga.

Dibanding teknologi terdahulu, QuickCharge 3.0 menawarkan kelebihan utama berupa penggunaan daya yang 20 persen lebih efisien dibandingkan teknologi sebelummya, Quick Charge 2.0.

Penggunaan daya yang lebih efisien pada Quick Charge 3.0 ini diklaim turut menurunkan suhu perangkat sehigga tak lagi terasa panas seperti yang terjadi pada teknologi terdahulu.

Qualcomm mengklaim daya yang terbuang menjadi panas 40 persen lebih sedikit dibanding Quick Charge 2.0.

Apa rahasianya? "Teknologi Quick Charge 3.0 lebih pintar. Kalo dulu Quick Charge 2.0 langsung menaikkan voltase dari 5 volt standar menjadi 9 volt, Quick Charge 3 lebih pintar karena menyesuaikan peningkatan voltase dengan daya maksimal yang bisa ditampung oleh baterai perangkat," sebut seorang staff teknis Qualcomm yang ditemui KompasTekno di arena MWC 2016, Barcelona, Spanyol.

Dia mencontohkan sebuah charger yang mengisi baterai perangkat dengan voltase sebesar 6 volt. Dengan menarik daya sesuai dengan jumlah maksimal yang bisa ditangani oleh baterai gadget bersangkutan, penggunaan daya berlebih pun bisa dikurangi sehingga tak terbuang mubazir sebagai panas.

"Jadi, Quick Charge  3.0 ini bisa dipakai untuk mengisi baterai perangkat dengan kecepatan yang sama dengan Quick Charge 2.0, tapi suhu perangkat akan lebih dingin. Bisa juga diatur agar mengisi daya lebih cepat dengan suhu yang sama," lanjut sang staf teknis.

Teknologi Quick Charge 3.0 kompatibel dengan beragam tipe konektor pengisi daya yang beradar di pasaran, mulai dari micro-USB yang biasa dipakai dan tersedia luas hingga USB Type-C terbaru. Tentu, perangkat gadget dan charger yang bersangkutan harus mendukung sarana fast charging tersebut.

Quick Charge 3.0 sudah didukung dan bisa dipakai oleh perangkat-perangkat berbasis chip Snapdragon 820. Fitur pengisian baterai cepat ini juga hadir di chip kelas menengah Snapdragon 625 dan 435 yang baru.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com