VMware Luncurkan Ruang Kerja Digital "Workspace One"

Kompas.com - 24/02/2016, 11:02 WIB
Senior Director dan Country Manager VMware Indonesia Adi Rusli dan Team Leader Solutions Consultant VMware Indonesia, Fransiska Yoga Hastyadi Widiartanto/KOMPAS.comSenior Director dan Country Manager VMware Indonesia Adi Rusli dan Team Leader Solutions Consultant VMware Indonesia, Fransiska
|
EditorReza Wahyudi
JAKARTA, KOMPAS.com - Penyedia layanan virtualisasi VMware merilis solusi baru bernama Workspace One di Indonesia. Solusi ini berguna untuk mengatur perangkat, aplikasi, dan keamanan data untuk perusahaan yang memiliki pekerja yang mobile.

Senior Director dan Country Manager VMware Indonesia Adi Rusli mengatakan bahwa solusi tersebut dirilis seiring dengan maraknya tren kerja bring your own devices (BYOD).

"Di Indonesia, tercatat terdapat lebih dari 106 juta pengguna perangkat mobile. Indonesia merupakan pasar yang berkembang dengan pesat menuju terwujudnya ekonomi mobile yang kolaboratif," kata Adi dalam peluncuran solusi Workspace One, di Jakarta, Selasa (23/2/2016).

BYOD berarti para pekerja dari berbagai bidang bekerja menggunakan gadget atau komputer pribadi dan mengakses data penting perusahaan dari peralatan tersebut.

Tren seperti ini bukan tanpa risiko. Fransiska, Team Leader Solutions Consultant VMware Indonesia mengatakan beberapa diantara risiko BYOD adalah kebocoran data perusahaan jika peralatan yang dipakai bekerja hilang dan repotnya manajemen TI.

"IT jadi lebih kompleks karena device yang dipakai berbeda-beda, orangnya beda, aplikasinya pun beda. Selain itu kalau device hilang, datanya juga ikut hilang," terang Fransiska.

"Bayangkan kalau isinya data penting perusahaan. Misalnya data kompetitif yang berbahaya kalau bocor ke tangan orang tertentu," imbuhnya.

Pada titik inilah solusi Workspace One dari VMware memainkan peran. Solusi ini bisa mewujudkan fleksibilitas pekerja mobile sambil tetap mengamankan serta memudahkan pengelolaan TI.

Menurut Fransiska, ruang kerja digital yang ditawarkan VMware ini mengonsolidasikan seluruh aplikasi ke dalam satu tempat. Pekerja yang ingin memakainya pun bisa mengaksesnya dari manapun, menggunakan perangkat apapun.

Tim TI perusahaan bisa memakai Workspace One untuk mengelola user, perangkat dan aplikasi yang digunakan oleh para pekerja. Kemudian bisa juga dipakai menyediakan toko aplikasi sehingga karyawannya dapat mengunduh software yang mereka perlukan secara mandiri.

Dengan demikian data tetap aman karena sejatinya berada di dalam lingkungan platform Workspace One dan bisa dikelola dari jarak jauh.

Solusi ini juga berisi berbagai aplikasi bercita rasa konsumer. Misalnya, e-mail, kalendar, kontak, konten dan chat. Workspace One bisa dipakai oleh beragam sistem operasi mobile, antara lain Windows 10, iOS, dan Android.

VMware akan mulai menyediakan solusi Workspace One pada kuartal ini dalam edisi standard, advance dan enterprise. Harga yang ditawarkan beragam mulai dari 8 dollar AS atau setara Rp 107.000 hingga 150 dollar AS atau setara Rp 2 juta per user.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X