INTERNET

Kalau Peralatan Sudah Bisa "Ngobrol", Apa yang Harus Disiapkan?

Kompas.com - 24/02/2016, 11:36 WIB
Penulis Reza Pahlevi
|
EditorLatief


KOMPAS.com – Penggunaan internet terus meluas dan beragam. Hari ini, orang tak hanya ngobrol dengan kerabat dan kolega memakai beragam fasilitas chatting lewat medium internet, tapi juga "percakapan" dengan sejumlah peralatan.

Sekarang dan pada masa mendatang, internet akan semakin menjadi medium komunikasi untuk menjalankan beragam peranti rumahan—mulai mobil, televisi, hingga mesin cuci—bahkan pengoperasian sistem transportasi dan logistik. Nah, terbayangkah, seberapa besar data yang berseliweran di dunia maya karenanya?

Semua perkembangan penggunaan internet tersebut kini dikenal dengan sebutan internet of things (IoT), yaitu kondisi ketika perangkat-perangkat keseharian bakal semakin terhubung melalui jejaring internet.

"Tren ini menjadi tantangan bagi kami untuk selalu berinovasi dalam dunia teknologi,” tutur Business Vice President Schneider Electric Indonesia, Astri R Dharmawan, Jumat (19/2/2016).

Berbicara dalam seminar “Peran Data Center di Tengah Tren Internet Of Things 2016”, Astri menjelaskan, IoT akan berhadapan dengan data berukuran besar yang tetap harus segera diproses dan dianalisis. Situasi tersebut memicu permintaan peningkatan kapasitas data center dari waktu ke waktu.

"Kemajuan teknologi saat ini (menjadikan) peran data center sangat penting. Seperti dalam perbankan dan penyedia layanan telekomunikasi," tutur Astri.

Big data

Bisa jadi, IoT memang baru di tataran konsep. Situasi pada saat ini belum sepenuhnya mewujudkan itu. Namun, bukan berarti IoT tak akan terjadi.

Semua itu sudah bisa dibuktikan dalam keseharian. Sebutlah, sekarang kunci mobil dan kunci rumah saja sudah bisa digantikan aplikasi ponsel, merupakan gambaran bahwa IoT sangat bisa segera menjadi nyata.

Dus, ketika peranti-peranti keseharian hingga operasionalisasi bisnis besar telah terhubung lewat jaringan internet, jumlah datanya akan melonjak secara eksponensial, bukan pertambahan atau bahkan perkalian.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.