Ini Hasil Jepretan Kamera Galaxy S7 Saat Minim Cahaya

Kompas.com - 24/02/2016, 15:38 WIB
Membidik selfie di malam hari dengan Samsung galaxy S7 tanpa bantuan flash layar Fatimah Kartini BohangMembidik selfie di malam hari dengan Samsung galaxy S7 tanpa bantuan flash layar
|
EditorReza Wahyudi

BARCELONA, KOMPAS.com — Kamera menjadi salah satu fitur andalan Samsung Galaxy S7 dan S7 Edge. Meski kualitas sensornya menurun menjadi 12 megapiksel, hasil pembidikan kamera duet flagship tersebut diklaim lebih apik.

Hal itu dimungkinkan karena bukaan yang ditingkatkan dari f/1.9 ke f/1.7. Artinya, kemampuan pembidikan gambar pada kondisi minim cahaya (low-light) harusnya semakin mumpuni.

Untuk membuktikannya, jurnalis KompasTekno Fatimah Kartini diberi kesempatan mencoba kamera Galaxy S7, sehari setelah peluncuran resminya pada acara bertajuk "Samsung Galaxy Unpacked", Minggu (21/2/2016) di Barcelona, Spanyol.

Sesuai tangkapan mata

Rupanya bukan bualan, kamera Galaxy S7 memang sudah bisa diandalkan untuk menjepret pada malam hari atau di tempat-tempat gelap. Hasilnya lebih kurang sama dengan tangkapan mata pengguna.

Salah satu contohnya ketika KompasTekno membidik gambar suasana dalam bus pada tengah malam di sebuah sudut kota Barcelona. Saat mengambil ancang-ancang gambar, noise masih terlihat karena diafragma berusaha keras menghimpun cahaya dari luar yang sangat sedikit. 

Meski begitu, ketika dibidik, hasil gambar langsung otomatis fokus. Warna-warnanya juga keluar seperti tampilan asli.

Terima kasih telah membaca Kompas.com.
Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Fatimah Kartini Bohang Hasil bidikan gambar di malam hari menggunakan kamera Samsung Galaxy S7
Hal ini, selain berkat bukaan f/1.7, juga berkat teknologi dual pixel yang terdapat di kamera Galaxy S7. Teknologi tersebut punya dua fungsi utama.

Pertama, mempercepat pendeteksian fokus otomatis (autofocus) sehingga hasil jepretan tetap cantik, meski dalam keadaan tergesa-gesa. Diketahui, dalam keadaan low-light, pencarian fokus gambar cenderung lebih sulit. Dengan dual pixel, tantangan tersebut teratasi.

Kedua, memungkinkan kamera membidik gambar ke lebih dari satu fokus sekaligus. Jika diibaratkan mata, dual pixel memungkinkan mata kiri dan kanan manusia melihat dua hal berbeda dengan fokus yang sama.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X