Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Xiaomi Resmikan Android "128 GB" Mi5 di Barcelona

Kompas.com - 24/02/2016, 16:08 WIB
Deliusno

Penulis

BARCELONA, KOMPAS.com - Setelah serangkaian rumor, Xiaomi akhirnya resmi merilis smartphone flagship terbarunya, Mi 5. Pengenalan ponsel Android ini dilakukan di panggung Mobile World Congress (MWC) di Barcelona, Spanyol pada 24 Februari 2016.

"Saya telah menggunakan Mi 5 selama beberapa bulan terakhir ini. Saya bisa menceritakan bahwa perangkat ini sangat cepat," ujar Hugo Barra, Vice President Global Xiaomi, di Hotel Hesperia, Spanyol dalam acara pengenalan Xiaomi Mi 5, yang turut dihadiri jurnalis KompasTekno.

Yang spesial dari Mi 5 adalah media penyimpanannya. Xiaomi Mi 5 dibekali gudang penyimpanan data internal berkapasitas super besar, yakni 128 GB.

Untuk otak pemrosesannya, Xiaomi Mi 5 dipersenjatai dengan chipset terbaru buatan Qualcomm, yakni Snapdragon 820 MSM8996. Menurut Hugo, System on Chip itu memiliki kinerja jauh lebih kencang dari chipset sebelumnya, Snapdragon 810.

"Snapdragon 820 memiliki kecepatan 100 persen lebih baik dari Snapdragon 810," kata Barra.

Xiaomi Bagian belakang Xiaomi Mi5

Selain itu, Xiaomi Mi 5 dibekali dengan GPU Adreno 530 dan juga RAM LPDDR4 4 GB. Xiaomi Mi 5 dilengkapi dengan layar berbentang 5,15 inci yang mendukung resolusi Full HD 1080 piksel.

Adapun Xiaomi Mi 5 dipersenjatai dengan sensor kamera 16 megapiksel buatan Sony, yakni IMX298. Kamera tersebut mendukung teknologi optical image stabilizer dan perekaman video beresolusi 4K.

Di bagian depannya sendiri, terdapat kamera 4 megapiksel untuk keperluan video chat dan foto selfie.

Ada juga dukungan terhadap jaringan 4G+, NFC, teknologi Quick Charging 3.0, dan sensor pengenal sidik jari berbentuk tombol Home yang diletakkan persis di bawah layar.

Xiaomi Mi5 bakal menjalankan sistem operasi Android 6.0 Marsmallow yang dipercantik dengan tampilan antarmuka MIUI 7.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com