Kesal, ISIS Ancam Pendiri Facebook dan Twitter

Kompas.com - 26/02/2016, 06:36 WIB
|
EditorReza Wahyudi
KOMPAS.com - Peretas (hacker) pendukung ISIS (Negara Islam Irak Suriah) mengincar dua eksekutif perusahaan teknologi dunia, CEO Facebook Mark Zuckerberg dan CEO Twitter Jack Dorsey.

Dikutip KompasTekno dari The Wall Street Journal, ancaman tersebut dipublikasikan dalam sebuah video yang diunggah pada Selasa (23/2/2016) lalu oleh kelompok hacker ISIS yang menamakan dirinya "Sons Caliphate Army."

Dalam video tersebut, peretas ISIS itu mengungkapkan rasa kesalnya atas tindakan Facebook dan Twitter yang menghapus akun-akun pendukung ISIS atau yang berbau radikalisme.

Video tersebut diklaim sebagai video yang asli dari ISIS oleh Storyful, agensi berita yang selama ini memverifikasi konten yang diposting online.

Sons Caliphate Army mengaku memiliki lebih dari 10.000 akun Facebook, 150 grup Facebook, dan 5.000 akun Twitter yang telah dan akan dipakai untuk menyebarkan ajaran-ajaran radikalnya.

Walau tidak secara langsung mengatakan sedang mengincar Zuckerberg atau Dorsey, namun secara tersirat mereka menampilkan foto kedua petinggi jejaring sosial besar dunia itu beserta empat lubang peluru.

Di akhir video, terdapat tulisan dengan nada mengancam: "To Mark and Jack, founders of Twitter and Facebook and to their Crusader government. You announce daily that you suspended many of your accounts, and to you we say: Is that all you can do? You are not in our league.

Peretas ISIS juga sesumbar bahwa untuk setiap satu akun yang diblokir, mereka akan membuat 10 akun baru lagi.

Perwakilan Facebook dan Twitter enggan mengomentari video tersebut. Begitu pula dengan biro penyelidik federal AS FBI.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.