Sebentar Lagi, Memori Internal Ponsel Setara Laptop

Kompas.com - 26/02/2016, 18:22 WIB
Memori internal buatan Samsung. istMemori internal buatan Samsung.
|
EditorReza Wahyudi
KOMPAS.com - Kapasitas memori internal ponsel pintar tak lama lagi akan setara laptop, seiring dengan produsen memori Samsung yang memulai produksi chip memori dengan kapasitas 256 gigabyte.

Dikutip KompasTekno dari Trusted Reviews, Jumat (26/2/2016), Samsung memulai produksi massal chip baru tersebut berdasar standar universal flash storage (UFS) 2.0.

Menurut Samsung, penyimpanan berbasis flash tersebut memiliki kecepatan dua kali lipat lebih kencang dibanding generasi memori UFS sebelumnya.

Dengan demikian, ponsel-ponsel di masa mendatang bukan hanya bisa mengejar soal besaran kapasitas memori perangkat laptop, melainkan juga dari sisi kecepatannya (baca/tulis) juga.

Memori flash berbasis UFS 2.0 itu digadang-gadang memiliki kecepatan baca (read) dua kali SSD berbasis SATA, yaitu 850 MB/s, walau kecepatan tulisnya (write) lebih lambat sekitar 250 MB/s.

Samsung mengatakan memori tersebut bisa dipakai utnuk memutar video Ultra HD dengan lancar. Jika dikombinasikan dengan teknologi USB 3.0, maka kecepatan tranfer data antar perangkat juga akan terdongkrak.

Selain itu, bentuk fisik chip memori baru tersebut juga akan lebih kecil dari kartu microSD, sehingga bakal mudah diintegrasikan di berbagai desain smartphone.

Terima kasih telah membaca Kompas.com.
Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X