YouTube Rilis Fitur "Penyensor" Video

Kompas.com - 26/02/2016, 20:02 WIB
Alat pemburam objek di YouTube screenshotAlat pemburam objek di YouTube
|
EditorReza Wahyudi
KOMPAS.com - YouTube meluncurkan sebuah fitur baru untuk menyensor video yang akan diunggah ke platform mereka. Kali ini alat sensor tersebut berupa tombol blur yang bisa dipakai memburamkan apapun.

Pada 2012, YouTube telah mengeluarkan tombol pemburam wajah untuk menjaga tokoh dalam video tetap anonim. Namun urusan sensor menyensor memang ternyata tak cukup hanya wajah.

Para kreator berharap mereka bisa memburamkan berbagai hal dalam video. Lalu meluncurlah fitur tersebut.

"Fitur ini tersedia di YouTube versi desktop, dan bisa dipakai memburamkan objek apapun, termasuk yang bergerak," tulis YouTube Privacy Lead Amanda Conway seperti dikutip KompasTekno dari blog resmi YouTube Creator, Jumat (26/2/2016).

Caranya, pilih video yang ingin diedit. Kemudian masuk ke tab "Blurring Effects" di bagian "Enchancement" dan gambar sebuah kotak di sekeliling objek apapun yang ingin diburamkan.

Jika objek yang dipilih bergerak, alat pemburam itu akan otomatis menyesuaikan dan memburamkan objek tersebut sepanjang durasi video.

Selain itu ada juga pilihan Lock untuk mengunci kotak buram di area tertentu. Ini dapat digunakan pada objek yang tak bergerak.

"Alat ini bisa digunakan untuk berbagai tujuan, tapi kami membuatnya dengan pertimbangan anonimitas visual. Ini adalah cara sederhana untuk memburamkan orang, informasi kontak, atau data keuangan tanpa harus menghapus dan mengunggah ulang video," lanjut Conway.



Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X