Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kesan Pertama Menjajal Xiaomi Mi5 di Barcelona

Kompas.com - 27/02/2016, 11:52 WIB
Oik Yusuf

Penulis

BARCELONA. KOMPAS.com - Pada Rabu (24//2016), Xiaomi resmi meluncurkan ponsel andalan barunya, Mi5, lewat sebuah acara di Barcelona, Spanyol. Smartphone ini meneruskan tongkat estafet dari flagship terdahulu, Mi4, yang dirilis sekitar 1,5 tahun yang lalu.

Vice President Global Xiaomi mengatakan jeda waktu antara Mi4 dengan Mi5 termasuk lama karena pihaknya ingin memastikan rancangan Mi5 benar-benar sesuaai benar sesuai dengan visi perusahaan.

"Butuh waktu dua tahun untuk menyelesaikan tantangan yang ada," kata Barra ketika berbicara di panggung.

Jurnalis KompasTekno Oik Yusuf yang ikut hadir di acara peluncuran di Barcelona berkesempatan menjajal Xiaomi M5 barang sejenak, bersama dengan puluhan jurnalis lain dari seluruh dunia.

Seperti apa kesan yang didapatkan kala pertama kali menggenggamnya? Ikuti ulasan singkatnya berikut ini.

Logam, kaca, dan keramik

Mi5 menganut konsep racangan yang sedikit berbeda dibandingkan ponsel-ponsel Xiaomi sebelumnya, termasuk seri flagship. Sang pabrikan memakai frame berbahan logam yang menghiasi bagian pinggir.

Sisi muka perangkat ini berlapis kaca anti-gores, sementara punggungnya berbentuk melengkung di sisi kanan dan kiri agar terasa nyaman digenggam. Bagian belakang ini bisa terbuat dari bahan kaca atau keramik, tergantung varian.

Varian termurah menggunakan materi berbahan kaca, sementara varian termahal yang disebut dengan nama Xiaomi Mi5 Pro memakai keramik bertekstur kesat yang diklaim memiliki ketangguhan tinggi.

Oik Yusuf/KOMPAS.com Tombol Home di perangkat Xiaomi Mi5.
Untuk pertama kalinya dalam sejarah Xiaomi, pabrikan asal China ini menyematkan tombol fisik "home" di bagian muka yang diapit oleh dua soft button "back" dan "menu".

Tombol home berbentuk elips mirip kapsul pipih itu sekaligus berfungsi sebagai pemindai sidik jari yang mudah digunakan layaknya flagship lain seperti iPhone 6S dari Apple maupun Samsung Galaxy S7.

Cukup dengan menyentuhkan jari dengan ringan ke permukaan pemindai, pola yang diperlukan pun bisa langsung terbaca. Tentu, tetap disediakan opsi lain untuk mengamankan perangkat seperti pattern lock dan kode PIN.

Layaknya smartphone anyar, Mi5 turut dibekeli dengan port USB Type-C yang bisa ditemukan di sisi bawah, diapit sepasang grill speaker.

Selain warna standar hitam, Xiaomi Mi5 juga bakal tersedia dalam pilihan warna putih dan gold.

Snapdragon 820

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com