Kiddle, Mesin Pencari Internet yang Ramah Anak

Kompas.com - 28/02/2016, 12:09 WIB
Penulis Deliusno
|
EditorReska K. Nistanto
KOMPAS.com - Kini, hadir situs mesin pencari internet yang khusus dibuat untuk anak-anak. Situs baru tersebut dinamakan Kiddle.co.

Situs tersebut mengklaim dirinya ditenagai dan didukung oleh Google. Beberapa teknologi di balik situs ini menggunakan produk yang dikembangkan raksasa internet tersebut.

Meski disebut menggunakan Google Safe Search sebagai dasarnya, tetapi Kiddle bukan merupakan produk resmi dari Google. Diperkirakan produk ini dikembangkan secara independen.

Karena didesain khusus untuk anak-anak, maka situs Kiddle memiliki desain yang berbeda dari situs pencarian lain, seperti Google, Yahoo, atau Bing.

Desain yang "imut"

Kiddle tampil dengan desain yang "imut" agar lebih menarik perhatian anak-anak. Tak seperti desain polos berwarna putih ala Google, Kiddle memiliki gambar latar bertemakan luar angkasa dengan warna yang cerah. Terdapat juga hiasan gambar planet dan karakter robot di bawah kotak pencarian.

Cara penggunaan situs Kiddle sama dengan search engine Google. Si anak tinggal memasukkan kata kunci di kolom pencarian. Ada empat kategori pencarian yang bisa dilakukan, yakni situs web, gambar, berita, dan video.

Ditujukan untuk anak-anak, tentunya hasil pencarian Kiddle harus memiliki konten yang aman untuk dikonsumsi. Oleh karena itu, Kiddle dilengkapi dengan teknologi buatan Google, Safe Search.

Selain itu, Kiddle juga dilengkapi sebuah tim editor untuk mengurasi konten pencarian khusus bagi anak.

Sebagaimana KompasTekno rangkum dari TechTimes, Minggu (28/2/2016), nantinya hasil pencarian pertama hingga ketiga akan termasuk situs yang aman dan khusus ditulis secara spesifik untuk anak-anak. Hasil pencarian itu merupakan hasil kurasi dan sudah diperiksa langsung oleh tim editor Kiddle.

Halaman:


Video Pilihan

Sumber Tech Times
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.